>

Cara membuat CV yang menarik dan kreatif agar HRD perusahaan terpikat

Sumber image: www.slideshare.net

Cara membuat CV yang menarik dan kreatif agar HRD perusahaan terpikat

Dalam membuat daftar riwayat hidup kretaif, jangan sampai melupakan unsur utama yang harus dipenuhi dalam daftar riwayat hidup itu sendiri, semuanya harus saling melengkapi, dengan mendesain surat lamaran kerja yang kreatif tapi juga tidak menghilangkan isi utamanya yang harus ada dalam daftar riwayat hidup.

Dibawah saya hanya akan menerangkan mengenai tips dan kiat-kiatnya saja. Untuk cv-nya sendiri nanti akan di bahas pada artikel selanjutnya :)

Dan berikut adalah tips membuat cv kreatif agar diterima HRD:

1. Riset Perusahaan Tujuan

Sebelum membuat surat lamaran kerja kreatif ada baiknya lebih dulu riset perusahaan yang akan dilamar, apakah perusahaan tersebut bisa menerima CV kreatif atau tidak. disebabkan ada diantara perusahaan yang menuntut konsep surat lamaran kerjanya tidak dibuat dengan kreatif dan ada juga yang menginginkannya harus dibuat dengan kreatif.

Baca juga; 7 cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan Cepat

Perusahaan yang tidak menginginkan CVnya dibuat dengan kreatif yaitu perusahaan milik negara dalam bidang pelayanan masyarakat atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti perbankan dan asuransi.

Oleh karena itu, sesuaikanlah konsep pembuatan CV sesuai dengan ketentuan perusahaan yang dituju. Perusahan yang menuntut calon pekerjanya harus membuat daftar riwayat hidup dengan kreatif biasanya yaitu perusahaan yang bergelut dibidang desainer grafis.

2. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Jangan karena terlalu fokus dalam pembuatan konsep kreatifitas CV menjadikan tata bahasa, ukuran, dan jenis hurufnya menjadi sulit dipahami. Oleh sebab itu gunakanlah bahasa baku supaya mudah dimengerti, buatlah dengan konsep tidak berlebihan dan terlihat luwes.

3. Uji daftar riwayat hidup ke Orang Lain

Cobalah untuk menunjukkan daftar riwayat hidup yang sudah jadi itu ke orang lain, mintakan pendapat terhadap mereka, apa yang kurang dan apa yang perlu ditambah, jika hasil penilaian mereka positiv maka CV siap untuk dikirimkan.

Kesalahan yang Sering Terjadi:


a. Memakai font yang tidak enak untuk dibaca, jenis dan ukuran font-nya tidak sesuai dengan konsep desain CV. Oleh karena itu gunakanlah font yang sudah umum dipakai, font yang biasa dipakai yaitu font Arial/Calibri dengan ukuran 11.

b. Memakai warna yang terlalu mencolok, warna yang terlalu mencolok akan membuat pembaca lelah serta sungkan dalam menyelesaikan bacaannya.

Baca juga; cara membuat surat lamaran kerja TERLENGKAP Beserta contoh surat lamaran kerja

c. Membuat layout terlalu penuh dan ramai, layout yang terlalu penuh dapat mengakibatkan informasi pokok tidak terbaca serta terlewatkan oleh HRD. Oleh karena itu buatlah layout yang sederhana dan buatlah ruang kosong untuk menyuguhkan informasi yang jangan sampai terlewatkan.

d. Ejaan typo, jangan sampai saat CV sudah dikirim baru menyadari terdapat tulisan yang typo. Oleh karena itu disarankan untuk memperlihatkan kepada teman dan minta koreksinya agar kesalahan yang ada dapat terkoreksi serta dapat segera diperbaiki.

Tips Mengirimkan CV ke HRD Perusahaan:

Apabila daftar riwayat hidup dikirim melalui email, sesuaikan format dokumen yang dipakai. Hindari pengiriman menggunakan bentuk .doc, karena desain daftar riwayat hidup akan menjadi berantakanBila HRD membuka dengan versi Microsoft Word yang tidak sama.

Baca juga; cara melamar pekerjaan secara online tanpa modal

Akan lebih baik Apabila daftar riwayat hidup disimpan menggunakan format PDF atau JPG agar desainnya tetap aman serta tidak mengalami perubahan ataupun berantakan.

mungkin itulah Cara membuat CV yang menarik dan kreatif agar HRD perusahaan terpikat yang bisa saya share semoga membantu dan bermanfaat ^_^ jangan lupa di share juga yaaa.. thx ^_^
Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...