>

16 cara tampil di halaman pertama google. Ampuh & TERBUKTI



16 cara tampil di halaman pertama google. Ampuh & TERBUKTI

Setiap blogger tentu ingin setiap postingan blog yang ia buat bisa tampil di halaman pertama Google bukan ? namun masalahnya tidak banyak yang tahu bagaimana caranya.

Nah, melalui artikel ini saya ingin mencoba berbagi trik SEO terbaru agar postingan blog bisa tampil di halaman pertama Google.

Trik SEO yang akan saya bagikan ini sebenarnya kombinasi trik SEO jadul dan trik SEO terbaru (setelah era algoritma Mobilegeddon) jadi kevalidan dari informasi pada artikel ini bisa dibilang cukup tinggi meski saya tidak berani menjamin 100%.

Oke, cukup basa-basinya, langsung saja silahkan sobat simak bagaimana cara agar blog tampil di halaman pertama google berdasarkan pengalaman saya ^_^

1.Nama domain yang unik

bagaimana bisa pemilihan domain akan sangat berpengaruh terhadap pengindeks mesin pencari google ? ya inilah jawabannya bila sobat ingin membuat website baik dengan domain blogspot ataupun dengan nama domain berbayar TLD ( Top Level Domain) maka hendaknya pilih nama domain sobat, yakni nama url sobat sebaiknya harus unik

berikut alasannya bila nama blog atau website sobat dengan alamat url domain yang tidak sobat buat khusus dan unik maka akan sangat sulit di indeks mesin pencari google.

Alasan lain mesin pencari google lebih cenderung suka terhadap suatu nama yang unik jadi pilihlah nama domain sobat secara unik dan berbeda dengan yang lain
terlebih lagi bila tidak ada nama domain untuk blog sobat misal : kami membuat nama domain perstarwaw dan bereksistensi dengan sub domain
blogspot gratisan walupun sobat pakai host bagian dari produk google,  blogspot maka domain nama blog sobat akan terbit di halaman pertama google
jika sobat ingin membuat nama website misal sobat membuat Gbzcouiroq.com maka sobat akan tampil di halaman pertama google

namun bila sobat membuat nama domain yang memiliki kesamaan dengan nama website atau ada kesamaan dengan nama website dan nama konten serta kata kunci
maka blog sobat akan sulit eksis tampil di halaman pertama google
misal sobat membuat nama domain sobat dengan nama domain webdetik.com maka hindari kata nama domain sobat akan memiliki kesamaan dengan domain detik.com karena apa.?
kalau sobat belum tahu  oke sobat tadi memilih nama domain webdetik.com

sedangkan ada nama domain lain serupa dengan detik.com terlebih saat ini nama domain detik.com adalah salah satu nama domain website yang paling populer dan terkenal di indonesia maka hindari nama pemilihan domain sobat yang mirip dengan nama domain detik.com karena nama domain detik akan mendominasi di halaman pertama google dengan berbagai alasan

2.Judul website yang unik

Judul website mempunyai peranan yang sangat penting pula tentunya sobat ingin membuat
website dan website sobat bisa tayang di halaman pertama google cara yang saya bagikan
ini cocok bagi pemula membuat website, webmaster, dan profesional webmaster ahli dalam
apa yang harus di penuhi dan segala yang di butuhkan agar website tayang di halaman
pertama google.

Buatlah Judul yang unik saya membuat judul website saya OM DAUD dan setelah saya meneliti dan membuat berbagai percobaan ternyata yang membuat website bisa tampil di halaman pertama google yakni judul yang unik awalnya saya membuat nama kata kunci unik dalam pembuatan judul dari website, blog saya "OM DAUD" sebagai contoh dulu saya pernah membuat mencari judul apa ya yang sekiranya unik dan tidak ada pesaing-nya

tentunya akan lebih baik saya membuat 100 daftar nama domain pilihan pada awalnya namun saya
hanya bisa mendapatkan hasil kata kunci tayang maksimum ada 1sampai 2 kesamaan nama judul baik konten isi website

Pemilihan nama judul yang unik dan khusus serta seo akan lebih mudah dikenali oleh Search Engine Optimation (SEO) google yaitu Judul website,blog yang di optimasti terlebih dahulu sebelum danda putuskan untuk membuat website baru.



3.Riset Keyword

Mulailah dengan melakukan riset keyword. Ada berbagai macam tools yang bisa sobat gunakan untuk melakukan riset keywords dan kabar baiknya mayoritas bersifat gratis, sebagai contoh adalah :
  • KeywordPlanner
  • KeywordTool
  • Ubbersuggest

Selain bebas memilih mana tools yang sobat pilih untuk melakukan riset keyword, sobat pun juga bebas menentukan keyword mana yang ingin sobat tembak untuk dijadikan sebuah artikel, namun pastikan keyword tersebut memiliki tingkat persaingan yang masuk akal.

  • Contoh keyword dengan persaingan yang masuk akal :
    Cara mengobati blabla, Cara menjaga kesehatan blabla, Cara mendapatkan blabla, DLL
  • Contoh keyword dengan persaingan tidak masuk akal :
    Tiket pesawat online, Toko online, Jual beli online, Belanja online, DLL
Baca juga: Cara mengetahui Kata Kunci Terbaik Menggunakan Google Trends
Tingkat persaingan keyword bisa sobat  lihat dengan cara mengetikkan "allintitle: keyword" di Google, lalu lihat jumlah hasil pencarian, jika berada di atas 10.000 maka bisa dikategorikan berat, diantara 5.000 - 9.999 tergolong sedang, dan untuk jumlahh pencarian dibawah 5000 termasuk dalam persaingan mudah.

4.Perhatikan Keyword

Membuat postingan sebaiknya jangan asal menulis saja dan cari keyword yang tepat jika sobat mau mencapai page one google, karena robot-robot algoritma google memantau mesin penelusur berdasarkan keyword. Oleh karena itu tentukan keyword yang tepat, sobat bisa melakukan riset keyword dahulu sebelum menulis postingan.
Setelah mendapatkan keyword yang tepat, lalu perhatikanlah jumlah keyword dalam konten. Para ahli seo menyatakan jika keyword density yang baik untuk sebuah postingan adalah maksimal 3,5% saja. Jadi jangan membuat intensitas keyword terlalu banyak didalam postingan, supaya tidak dianggap spam oleh Google.

5. Buat Judul Yang Unik dan Menarik

Judul yang sobat buat bukan hanya harus unik namun usahakan juga harus menarik dan yang jauh lebih penting adalah memasukkan keyword atau kata kunci ke dalam judul artikel yang sobat buat.

Dalam pembuatan judul ada beberapa aturan yang sebaiknya sobat ketahui, beberapa aturan tersebut seperti :

  • Batasi jumlah karakter judul sebanyak 60 karakter
  • Gunakan format penulisan title case
  • Hindari penggunaan simbol

Ketiga hal tersebut setidaknya bisa menjadi patokan sobat dalam menentukan judul yang baik.


6.Daftarkan blog ke Google Webmaster Tools

Google Webmastertools adalah peralatan webmaster milik Google yang berguna untuk memantau kesehatan situs. Dengan mendaftarkan blog ke Google maka para robot algoritma Google akan lebih cepat mengcrawl atau mengindeks artikel di blog. Simak panduan cara mendaftarkan blog ke Google Webmastertools.

untuk lebih lengkapnya sobat bisa baca disini Cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools "TER UPDATE"

Sebenarnya tidak hanya Google, yahoo dan bing pun memiliki webmaster nya. Silahkan mendaftar juga disana dengan melihat panduan cara mendaftarkan blog ke Yahoo dan Bing Webmastertools.

7.Backling Untuk Postingan. 

Ini merupakan teknik seo offpage yang bisa menjadi penentu usaha sobat, jika sobat tidak memaksimalkan hal ini maka yakinlah postingan sobat akan selalu terlempar ke halaman belakang. Saya pernah mendengar sebuah ungkapan yaitu Konten adalah Raja, Backlink adalah Ratu. Hal ini berlaku guna memenuhi kebutuhan seo pada suatu postingan, konten termasuk seo onpage sedangkan backlink adalah seo offpage.

untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas tinggi sobat bisa Baca disini Teknik Mendapatkan backlink berkualitas

Analoginya seperti diibaratkan seorang manusia yang sehat jasmani dan rohani, kebutuhan rohani yakni beribadah layaknya kebutuhan seo onpage yakni konten berkualitas, dan kebutuhan jasmani yaitu olahraga layaknya kebutuhan seo offpage berupa backlink. Jadi blog tidak akan sukses jika meninggalkan optimasi lewat backlink meski telah membuat konten yang sangat seo sekalipun.

sobat bisa mendapatkan backlink secara cepat dengan cara mensubmit postingan artikel sobat ke social bookmark, tentunya yang menganut dofollow. sobat juga bisa mendapat backlink nofollow dengan cara membagikan artikel ke jejaring sosial seperti google plus. Google plus ini milik Goole jadi sudah pasti di anak emaskan oleh para robot algoritma Google.

8.Tulis Artikel Berkualitas

Salah satu ciri artikel berkualitas adalah original atau artikel yang sobat tulis sendiri tanpa ada unsur copas sedikitpun, meski demikian bukan berarti sobat harus mengarang sepenuhnya, hal tersebut justru akan mengurangi kualitas dari artikel yang sobat buat.

Lantas apa bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas ? dengan menggabungkan informasi dari berbagi sumber lalu merangkumnya menjadi dan menuliskan dengan gaya bahasa kita sendiri.

Dengan begitu artikel yang sobat buat akan menjadi yang paling lengkap di antara artikel lainnya, potensi untuk mendapatkan ranking 1 di halaman pertama Google tentu akan terbuka lebar.

Penggunaan keyword di dalam artikel juga harus sobat perhatikan peletakannya, ushakan jangan terlalu brutal, cukup masukkan di bagian awal, tengah dan akhir, tidak perlu dipasakan untuk mengulang keyword, yang sejatinya justru akan membuat kualitas artikel sobat menurun.
 Baca juga 12 Cara membuat artikel yang berkualitas tinggi dan di sukai Pembaca

9.Gunakan Heading Tag

Heading Tag bukan hanya baik untuk SEO namun juga akan membantu pengujung untuk membaca dan memahami susuanan kalimat menjadi lebih baik, jadi usahakan untuk memasukkan heading tag pada artikel yang sobat buat.

Jika sobat masih asing dengan penggunaan heading tag, berikut saya berikan penjelasan singkat tentang cara menggunakan heading yang baik, melalui ilustrasi gambar sederhana dibawah ini.
Penjelasan singkatnya, H1 digunakan untuk menuliskan judul artikel blog, H2 untuk menuliskan sub-judul dan H3 untuk menyebutkan kategori pada artikel yang berkaitan dengan judul blog.

10.Optimalkan Tautan Permanen

Tautan permanen adalah URL atau alamat dari artikel blog sobat. Untuk pengguna Blogger telah disediakan fitur Tautan permanen khusus untuk megubah URL artikel yang akan dibuat dibuat.

Fitur ini saya rasa juga dimiliki oleh platform blogging lain seperti Wordpress.

Salah satu alasan diadakannya fitur untuk mengatur Tautan permanen adalah untuk mengkustomisasi URL dari setiap artikel yang kita buat agar menjadi lebih unik.

Fitur ini bisa menjadi boomerang bagi diri artikel sobat jika salah dalam menggunakanannya, dan berikut hal-hal yang perlu sobat waspadai ketika hendak mengkustomisasi URL pada Artikel.

  • Menurut Tool SEOQuake usahakan dibawah 75 karakter (7 - 9 kata)
  • Menurut Tool MozBar jangan lebih dari 110 karakter (9 - 12 kata)
  • Menurut Matt Cutt usahakan untuk menggunakan 3 - 5 kata

Karena banyaknya perbedaan versi yang menyebutkan tentang batasan / anjuran penulisan URL Artikel, maka kita ambil tengahnya saja, yaitu usahakan untuk menuliskan Tautan permanen dalam rentang 50 - 110 karakter atau 3 - 12 kata.

11.Tambahkan Deskripsi Penulusuran

Menambahkan deskripsi penulusuran atau meta description pada setiap artikel merupakan trik SEO yang tidak banyak orang peduli namun sebenarnya (secara tidak langsung) sangat ampuh untuk membuat halaman postingan blog kita tampil di halaman pertama Google.

Saya katakan tidak langsung karena pada dasarnya Meta Description bukanlah salah satu faktor yang digunakan Google untuk meranking situs, meski demikian ada satu ranking factor yang saya percayai akan kita dapatkan jika mengisi Meta Description.

Ranking Factor tersebut saya namakan faktor terpilih. Sederhananya seperti ini, saat kita mengetikkan kata kunci di Google, maka akan ada 10 blog di halaman pertama dengan judul dan meta deskripsi yang berbeda-beda, kita bebas memilih (mengklik) salah satu dari kesepuluh blog yang ada.

Peran meta description adalah membantu sobat agar pengunjung mau mengklik situs sobat, dengan catatan saat menambahkan meta deskription, sobat menambahkan kata yang mengundang orang untuk mengklik.

Dari proses klik / terpilihnya blog sobat itulah Google akan mencatatnya sebagai ranking factor yang secara perlahan akan meningkatkan ranking blog sobat, ini hanya prediksi saya dan bukan informasi resmi dari Google jadi mungkin saya bisa salah.

12.Berikan Label Postingan

Ada banyak manfaat dari membuat label, selain membantu pengunjung untuk menemukan artikel terkait juga mampu menambah distribusi backlink ke setiap artikel yang sobat masukkan ke dalam label tersebut.

Label pada postingan, jika diterapkan atau dipasang dengan baik maka bisa dipastikan akan mengurangi nilai bounce rate pada blog sobat. Semakin kecil nilai bounce rate maka semakin baik pula blog di mata Google, karena dianggap memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung.

Dalam pemberian label postingan sebaiknya tidak lebih dari 1 label, karena akan berpotensii terjadi duplicat content, namun jika sobat tetap ingin memberikan 2 label atau lebih dalam 1 postingan, sebaiknya memberikan tag no-index pada Halaman yang berisi postingan dari tiap label.

13.Submit Blog ke Webmaster

Setelah artikel terpublish, selanjutnya silahkan sobat submit alamat blog ke webmaster tool yang disediakan mesin pencari besar seperti Google, Bing dan Yahoo, disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana caranya, karena terbilang cukup mudah.

untuk cara lengkapnya bisa sobat baca disini; Cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools "TER UPDATE"

Selanjutnya sobat tinggal memasukan alamat blog, lalu mengkonfirmasi kepemilikan dengan cara menambahkan kode verifikasi ke dalam template blog. Selanjutnya tinggal klik Verify.

14.Share ke Media Sosial

Tugas sobat selanjutnya adalah membagikan artikel yang baru saja sobat publish ke berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan LinkedIn.

Bagi pengguna Facebook, sobat bisa menggunakan fitur Fanpage untuk membantu mempromosikan blog sobat karena akan lebih terlihat profesional, selain itu tingkat status terindex akan jauh lebih besar jika di share di Fanpage ketimbang di akun Facebook pribadi sobat.

Begitu juga dengan pengguna Google Plus, sobat juga bisa menggunakan layanan Pages untuk membuat halaman khusus yang nantinya akan sobat gunakan untuk ajang promosi blog. Silahkan kunjungi https://plus.google.com/pages/create untuk membuat halaman baru, namun pastikan sobat sudah memiliki akun Google Plus dan menyediakan 1 nomor handphone aktif untuk proses verifikasi.

Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan efek dari social signal, kita perlu memiliki teman / follower dalam yang jumlah yang banyak pada akun media sosial yang kita miliki.

 15.Merampingkan Alexa Rank

Merampingkan alexa rank merupakan tips jitu utk mendongkrak postingan-postingan artikel ke halaman pertama google. Alexa rank memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap peringkat postingan-postingan suatu blog bagi search engine, karena menurut saya bahwa algoritma hummingbird Google memasukkan alexa rank ke dalam 200 resep faktor penilaian mesin penelusur.

Hal ini dikarenakan Alexa merupakan situs pemberi peringkat seluruh blog / web di internet yg begitu objektif dan memiliki reputasi terbaik. Sehingga bagi saya sangat penting untuk mengecilkan angka alexa pagerank.

Saya sendiri telah menerapkannya pada blog saya yg lain, dimana blog tersebut gagal mencapai halaman pertama google sebab saya kesampingkan optimasi alexa rank nya. Lain halnya dengan blog ini yg memiliki banyak artikel di page one dan memperoleh traffic stabil sebab dioptimasi alexa rank nya.

Umumnya blog yg berkualitas memiliki alexa rank di bawah 100 ribu. Jadi upayakan blog / website sobat mempunyai alexa rank 100 ribu kebawah. Agar algoritma google memberlakukan blog sobat layaknya blog / website besar lain yg mempunyai reputasi baik. Untuk tutorial mengecilkan angka alexa silahkan baca Cara Merampingkan Alexa Rank.

 16.Hindari SPAM

Yang terakhir dan tak kalah penting yaitu hindari perilaku spam. Karena dengan spam maka postingan yang kita bangun susah payah akan dilempar jauh oleh google. Tentu sobat tidak ingin hal itu terjadi kan?
Jadi upayakan secukupnya kebutuhan backlink blog sobat agar tidak dianggap spam oleh Google. Jangan terlalu nafsu dan menggebu-gebu dalam memburu backlink, perlahan saja untuk mendapatkan hasil yang pasti.
Saya rasa cukup sekian yang bisa saya bagikan, 16 metode yang sudah saya bahas diatas juga banyak saya temukan pada artikel di blog lain, namun disini saya membumbui artikel ini berdasarkan pengalaman saya selama ini. Beberapa tips diatas terlihat sulit jika belum diterapkan langsung, maka dari itu cobalah terapkan sekarang agar menjadi mudah dan supaya blog sobat bisa tampil di halaman pertama Google.
semoga bermanfaat ^_^
Previous
Next Post »

20 komentar

Click here for komentar
Firan
admin
14 Desember 2016 pukul 01.27 ×

jika alex tdk ramping gak bisa masuk halman pertm google ya, pasangan aku bisa tembus juga q

Reply
avatar
Tanto Fajrin
admin
14 Desember 2016 pukul 19.37 ×

sampai sekarang yang belum saya pahami tuh tentang deskripsi penelusuran..

Reply
avatar
Anonim
admin
15 Desember 2016 pukul 03.58 ×

ga juga sih om, justru sebaliknya, semakin banyak pengunjung yang datang ke blog kita karena blog kita ada di halaman 1 google, maka akan semakin ramping si alex nya ^_^

Reply
avatar
Anonim
admin
15 Desember 2016 pukul 04.04 ×

Sederhananya seperti ini, saat kita mengetikkan kata kunci di Google, maka akan ada 10 blog di halaman pertama dengan judul dan meta deskripsi yang berbeda-beda, jadi deskripsi penelusuran atau meta deskripsi adalah sobat menambahkan kata kata pada KATA KUNCI yang mengundang orang untuk mengklik. :)

Reply
avatar
Ikut Pintar
admin
18 Desember 2016 pukul 02.47 ×

artikel yang sangat membantu, saat ini says juga sedang menjalani yang poin ke 7, mungkin anda juga bisa memberikan sedikit pencerahan tentang backlink dengan cara menggunanakan social bookmark

Reply
avatar
M. Syahri
admin
18 Desember 2016 pukul 02.55 ×

wah nambahin ilmu tentang seo nih
siip

Reply
avatar
Unknown
admin
18 Desember 2016 pukul 06.29 ×

waahh nice sekali nih infonyaa :)

Reply
avatar
Adin ID
admin
18 Desember 2016 pukul 07.15 ×

gan apa punya saya kurang menarik ya judul nya? saya search keyword dan yg paling atas yg saya buat judul artikel?

Reply
avatar
Unknown
admin
18 Desember 2016 pukul 07.23 ×

Kalo menurut saya riset keyword itu yang paling panting, kalo mau tampil di page one

Reply
avatar
Unknown
admin
18 Desember 2016 pukul 07.24 ×

Kalo menurut saya riset keyword itu yang paling panting, kalo mau tampil di page one

Reply
avatar
23 Desember 2016 pukul 22.01 ×

makasih gan atas infonya, jadi semangat blogging nih mantab

Reply
avatar
Admin+
admin
24 Desember 2016 pukul 23.50 ×

Ko sim OM ALEX sih menurut saya gk terlalu ngaruh :D

fr. www.winmahdi.com

Reply
avatar
Unknown
admin
27 Desember 2016 pukul 18.46 ×

Oh jadi gitu... pantesan blog lama saya gak keindex juga... ternyata ada yang kurang ya.....

Reply
avatar
Om daud
admin
22 Januari 2017 pukul 01.01 ×

posting aja artikelnya di sosialboorkmark, banyak kok tinggal tanya sama mbah google aja :)

Reply
avatar
Om daud
admin
22 Januari 2017 pukul 01.01 ×

coba lakukan riset keyword dulu sob :)

Reply
avatar
Om daud
admin
22 Januari 2017 pukul 01.02 ×

betul banget sob :)

Reply
avatar
Om daud
admin
22 Januari 2017 pukul 01.03 ×

perbaiki segera sob,, sebelum terlambat :D hehehe

Reply
avatar
10 April 2017 pukul 03.36 ×

Terimakasih banyak infonya min.
sangat bermanfaat nii untuk toko bunga bekasi milik saya http://www.bungalapak.com/

Reply
avatar

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...