>

Apa itu SEO ? dan cara optimasi SEO dari dasar hingga membuat blog kamu sukses

 

Definisi apa itu SEO 

versi Wikipedia

Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:

melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web sobat agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman sobat tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik"

Teknik Seo

Bermacam-macam cara atau teknik SEO yang dapat dilakukan, dari Teknik Optimisasi OnPage atau Offpage, serta analisa website lawan dan website yang akan di Optimisasikan.

Lebih disarankan bagi Junior SEO untuk mengikuti perkembangan SEO yang pasti dari Blog Google atau dari Web SEO ternama, dikarenakan Google melakukan minor update algorithm sekitar 500 kali setahun dan 3-4 kali untuk major updates.

Mengapa belajar SEO dengan Google yang menjadi patokannya? karena Google mempunyai market pengguna lebih dari 90% dibandingkan Search Engine lainnya seperti Yahoo, Bing, Baidu, Yandex di Indonesia. Google menguasai hampir mayoritas mesin pencarian di seluruh dunia kecuali China.

Dimana dengan mengakusisi banyak website dan OS seperti Android, pastinya mesin pencari Google tetap akan digunakan sebagai Search Engine yang utama.

Tujuan dasar SEO

Tujuan Dasar SEO terkait dengan posisi atau peringkat/ranking yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau halaman web sobat di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP). Mohon diingat bahwa tujuan dasar ini diturunkan dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa Inggris.

Pencapaian ranking terbaik diupayakan dengan jalan membuat isi situs web dan halaman-halaman web yang relevan, unik, dan berkualitas serta dengan meningkatkan popularitas situs dan halaman-halaman web sobat dengan cara mendapatkan rekomendasi berupa tautan (link) yang berkualitas juga dari situs-situs web luar yang relavan, unik namun dalam bidang yang sama (relevan) dengan situs web sobat, berasal dari halaman yang kontekstual, dan berkualitas.

Manfaat SEO

Nah, setelah sobat mengetahui kelebihan-kelebihan SEO dari tabel sebelumnya di artikel ini, 1 tujuan dasar SEO, dan 3 tujuan utama SEO, maka manfaat SEO adalah faktor-faktor positif yang terjadi setelah tercapainya tujuan-tujuan SEO tersebut: yaitu konversi mikro dan akhirnya konversi makro.
Konversi adalah penerimaan, persetujuan, dukungan, atau apapun perubahan positif para pengunjung internet terhadap semua elemen-elemen di situs web sobat, yang pada akhirnya mereka menjadi bagian dari anggota komunitas, partisipan, atau konsumen sobat.

Lainnya sobat dapat melihat website berita atau informasi tips, trik, tutorial bila ditambah dengan SEO maka pengunjung website akan lebih tertarget dan website semakin meningkat aktifitas pengunjungnya. Berikut manfaat lainnya bila SEO digabung dengan website atau blog:
  •     Website menjadi ramai dengan pengunjung tertarget kata kunci
  •     Pelanggan terus berdatangan ke website
  •     Secara tidak langsung meningkatkan pendapatan sobat sebagai publisher
  •     Cache penulusuran di Search Engine menjadi yang paling utama
  •     Bisnis di dalam website menjadi berkembang
  •     Penjualan produk akan semakin meningkat
  •     Adanya timbal balik ke website affiliate produk
  •     dan lainnya
Sebenarnya ada banyak sekali hal yang didapat bila sobat mengembangkan website atau blog ditambah dengan Teknik SEO. Bila sepenggal artikel Pengertian SEO masih terasa kurang, berikut ini link referensi Pengertian SEO.

Keuntungan SEO

Setelah manfaat SEO dirasakan, maka giliran tibalah keuntungan yang didambakan tiba. Sebagaimana di atas, jika situs sobat berkategori komersil seperti toko online, maka keuntungan materil berupa profit atau revenue akan didapat.

Jika situs sobat terkait dengan yayasan dan kegiatan sosial atau pendidikan gratis bagi mereka yang tidak mampu atau jauh dipelosok daerah tanpa sekolah fisik, maka keuntungan moril menjadi pencapaian keuntungan SEO ini.

Jadi keuntungan yang bisa didapat dari SEO adalah keuntungan moril dan/atau keuntungan materil, sesuai objektif utama dari situs web sobat.

Seo sendiri terbagi menjadi 2 yaitu On-page SEO dan Off-page SEO,
 

1. On-Page SEO?

Apa itu On-page SEO,?
SEO onpage mengacu pada faktor-faktor yang berpengaruh pada halaman situs dalam pencarian organik di search engine. Faktor-faktor ini dikendalikan oleh sobat dengan coding yang terdapat pada halaman blog sobat. Contoh optimasi seo onpage pada blogspot atau wordpress termasuk kode aktual HTML, meta tag, penempatan kata kunci dan kepadatan kata kunci. apa saja yang bisa sobat lakukan untuk Optimasi On-page SEO? ada beberapa cara untuk optimasi On-page SEO, mari simak beberapa cara di bawah ini.
  • Optimasi SEO Title Tage

Gunakan title tage sebagai tempat pertama untuk meletakkan kata kunci. Kata kunci yang di letakkan di awal judul akan lebih baik dari kata kunci yang di letakkan di tengah judul awal belakang judul, tapi tidak semua harus meletakkan kata kunci di awal judul.

sobat bisa meletakkan kata kunci di awal judul apa bila kata kunci itu bisa memikat calon pengunjung blog sobat dan apa bila menurut sobat kurang menarik sobat bisa meletakkan kata kunci di tengah atau belakang judul.

Judul postingan adalah faktor SEO on page yang terpenting. keyword yang sobat targetkan sebaiknya muncul di serp dan juga menarik untuk di klik. menurut percobaan yang saya lakukan, jika judul hanya mengandung target keyword, maka ranking akan lebih tinggi di serp. misalnya judul postingan "optimasi seo", maka jika ada orang yang mencari keyword di search google maka judul postingan 'sate sapi' rankingnya akan lebih tinggi daripada yang judulnya 'optimasi seo blogspot 2014'. hal ini sangat dilematis, karena kita tak hanya menulis untuk search engine saja, tetapi juga untuk manusia. maka sebaiknya judul juga harus agak deskriptif dan emosional sehingga pencari di search google ingin meng klik blog sobat dari mesin pencari.

Jumlah karakter dalam judul, sebaiknya kurang dari 66 karakter. Karena jika lebih, dalam serp google, judul postingan akan terpotong oleh karakter titik titik.
  •  Nama Domain 

Perhatikan nama domain.Usahakan nama domain yang sobat buat mengandung kata kunci sesuai dengan kata kunci yang sobat inginkan tembus page one google.Pengalaman saya sejauh ini keyword on domain masih cukup berpengaruh.Jika nama domain sudah sudah tidak tersedia,buatlah nama domain yang masih berhubungan dengan keyword yang mau sobat bidik atau dengan nama brand sobat bahkan nama sobat sendiri juga tidak masalah yang penting nanti pada settingan title,deskripsi dan keyword mengandung kata kunci yang sobat targetkan.


Setelah blog atau web terinstal langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah mengatur title,deskripsi dan keyword.Karena langkah yang satu ini adalah salahsatu syarat yang wajib dilakukan oleh pemilik blog jika blognya ingin terindex disearch engine dengan baik dan menjual.Untuk cara setting title,deskripsi dan keyword agar blog menjadi seo friendly insya Allah saya shere pada posting berkutnya.
  • Optimasi SEO Meta Description

Kenapa meta desription harus di optimalkan? karena ketika seseorang mencari informasi melalui mesin pencari, Mata pertama kali akan memandang judul sebagai pilihan artikel mana yang pas untuk di cari dan ke dua meta description yang relevan dengan judul, sama dengan mesin pencari, mesin pencari juga akan mencari sebuah deskripsi yang relevan dengan judul. contoh gampang saja ketika sobat mencari sesuatu di google, lihat judul dan descripsi, perhatikan yang tampil pada halaman utama pasti sangat relevan sekalikan, maka itu yang harus sobat lakukan juga.

Usahakan panjang descripsi 165 karakter, karena google hanya menampilkan 165 karakter saja, maka usahakan meta deskripsi sobat benar benar menarik agar calon pengunjung meleleh ketika membaca meta deskripsi blog sobat dan akhirnya mereka memutuskan untuk mengklik link yang masuk ke blog sobat.
  • Meta Description

 Meta description adalah tulisan yang digunakan untuk menjelaskan tentang apa isi sebuah blog atau website. tulisan ini akan muncul di snippet serp sebagai penjelasan atau deskripsi sebuah blog. banyak master seo yang mengatakan bahwa meta description tidak lagi mempengaruhi ranking, tetapi menurut percobaan SEO Tools meta description masih merupakan faktor SEO on page dan bisa menentukan ranking, meskipun persentasenya hanya sedikit sekali.

Saran saya, tulislah meta description selain untuk search engine dan juga untuk pencari di internet. jika meta description tidak menarik, pencari dari google akan ragu meng klik blog atau postingan sobat di SERP. dan jika meta description tidak relevan dengan snippet search, maka bounce rate blog sobat akan menanjak naik karena tidak sesuai dengan harapan pencari di serp google. bounce rate adalah persentase angka jumlah user yang keluar dari blog atau website.
Maksimum karakter untuk Meta Description adalah 153 karakter, lebih dari itu maka tulisan di snippet search akan terpotong oleh titik-titik (…)
  •  Update artikel

 Usahakan pada setiap artikel yang dipublish selalu membangun internal linking.Tujuan dari membangun internal lingking tersebut adalah untuk mempermudah mesin pencari dalam  mengindeks semua halaman blog atau website sobat secara keseluruhan.Harap diingat jangan terlalu berlebihan ketika membuat internal linking disebuah posting atau halaman terutama membuat duplikat anchor text yang mengarah ke URL yang sama lebih dari 2 hyperlink.Pengalaman saya cara tersebut bukannya bagus,malah membuat peringkat halaman rangkingnya jelek di search engine.Usahakan membuatnya seakan terlihat natural dan relevan.

Url atau di sebut juga dengan link ini tidak kalah menarik dengan meta deskripsi. Sering kita jumpai alamat url yang bervariasi ada yang pendek dan ada yang memanjang, banyak perdebatan tentang masalah url ini ada yang mengatakan gunakan link yang panjang sesuai judul blog sobat, karena url akan tampil dan berperan penting sama seperti meta deskripsi dan ada juga yang bilang buatlah alamat url yang singkat dan mudah untuk di ingat oleh orang.
  • Penekanan Keyword

 Usahakan agar target keyword yang penting di postingan diberi penekanan seperti strongbold, atau italic. search engine akan mengira bahwa kata yang ditekan ini adalah sesuatu yang penting di postingan. tapi jangan berlebihan melakukannya. selain tidak nyaman melihatnya, search engine (maksud saya para engineer-nya) juga tidak bodoh.

Menurut percobaan saya yang pertama, lebih baik untuk melakukan penekanan yang bervariasi, pakai bold, lalu italic, dst. tapi percobaan saya yang kedua membuktikan bahwa penekanan seperti ini tidak akan mempengaruhi ranking di serp. saya sendiri juga masih bingung. ya terserah sobat mau percaya yang mana. pakai saja semaunya, siapa tahu kan hehe.
  •  Optimasi SEO External Link

Kalau umur blog sudah mencapai 10 hari,maka saatnya sobat untuk mencari backlink dari luar.Tapi jangan banyak banyak,Sehari cukup cari 2 backlink saja dan lakukan secara rutin setiap hari.Agar backlink yang masuk ke blog kita berkualitas,usahakan mencari backlik dari web posting atau forum yang memiliki domain authority lebih dari 50. Cara yang lebih bagus jangan naruh backlink di komentar,tapi buatlah artikel yang berhubungan dengan keyword blog sobat sebagus mungkin kemudian sobat postingkan di forum atau web  .Jangan lupa didalam posting tersebut bikin hyperlink dengan anchor text keyword yang sobat bidik dengan link URL blog sobat.Untuk optimasi backlink blog baru,home pagenya dulu yang harus didahulukan.

Memberi External link atau link keluar dari situs kita, sangat membantu artikel kita menempati posisi baik di mesin pencari, apa lagi situs ersebut terbilang situs yang baru. sobat bisa mengambil contoh di situs MOZ, lihat cara mereka memberikan eternal link.

sobat harus tahu bahwa search engine spiders, melompat dari satu situs ke situs yang lain untuk mengumpulkan data yang relevan kemudian diseleksi baru di tentukan artikel mana yang relevan untuk tampilkan di halaman utama mesin pencari. Maka link keluar sangat berperan penting dalam SEO.

Kebanyakan dari kita pelit sekali memberi backlink untuk artikel yang biasa kita baca, padahal artikel tersebut memberi kita pelajaran yang bermanfaat bagi kita, apalagi dampak memberi link keluar untuk artikel kita sangat bagus. Untuk memberi external link, gunakan variasi Anchor text untuk target kata kunci agar lebih optimal.
  • Posisi Keyword di kode HTML Halaman

 Menurut sebagian master SEO, posisi keyword di kode html akan mempengaruhi ranking. misalnya kode html halaman blog sobat isinya dari atas banyak sampah kode script, lalu menu, lalu gambar-gambar, lalu video-video, lalu isi lainnya, baru keyword di bagian ujung bawah. hal seperti ini akan sangat merugikan blog sobat. karena robot mesin pencari hanyalah membaca teks, dan itu dimulai dari kiri atas ke kanan kemudian kebawah. kiri ke ke kanan lagi ke bawah lagi dan seterusnya.
  • Optimasi SEO Pada Gambar

Gambar selain memberi artikel lebih berwarna dan mempermudah pembaca unuk memahami artikel kita, gambar juga memiliki dampak yang positive bagi situs kita, semakin pengunjung lama tinggal di situs kita, maka akan mendapatkan nilai plus bagi situs kita, karena semakin lama pengunjung tinggal di situs kita, akan mengurangi tingkat bouncing out rate. Seperti yang sobat tahu google menentukan artikel yang berkualitas juga melihat dari tingkat bouncing out rate, jika bouncing out rate sobat tinggi, artikel sobat akan di anggap tidak berkualitas oleh google.

alt tag merupakan optimasi seo yang digunakan untuk optimasi gambar, robot txt tidak bisa melihat gambar yang ada dipostingan kita, namun dengan menggunakan atribut alt ini robot txt bisa mendeteksi gambar di blog kita. semua platform website sudah banyak yang mendunkung dengan atribut ini, silahkan optimalkan gambar kalian agar gambar postingan kalain bisa berada dipencarian.
  •  Bahasa Dalam Postingan

 Seperti yang saya jelaskan di atas, +Google  menyukai situs yang sifatnya lokal. jika ada 2 blog yang  faktor SEO nya seimbang, maka google akan lebih memprioritaskan blog atau postingan blog yang memakai bahasa sama persis dengan Google lokal yang dipakai untuk men search. misalnya sobat search di Google.co.id, berarti blog berbahasa indonesia lah yang akan diprioritaskan. dan pergunakanlah tata bahasa yang baik untuk dipahami pembaca, jangan menggunakan bahasa alay karena hal itu sangat menyusahkan google translate.
  • Menulis Artikel Panjang

Panjang, rinci,berguna dan inspirasi artikel yang mengikuti pedoman di atas, secara tidak sengaja akan memberi ekor panjang yang mungkin tidak terfikir oleh sobat saat melakukan riset kata kunci. Google sendiri juga menyukai artikel yang panjang dan relevan dengan mengupas tuntas sebuah masalah yang sedang di cari oleh pengguna internet.

Buatlah artikel yang sedetail mungkin tapi jangan membuat pembaca sobat bosan untuk membaca artikel sobat dan usahakan membuat kata kata yang unik agar pembaca suka dengan artikel sobat.

Perlu di catat semakin artikel panjang dan berguna semakin banyak kata kunci yang terkandung dan semakin banyak pula pengunjung yang datang. Panjang, rinci dan berguna adalah salah satu kunci sukses dari keberhasilan SEO blog sobat.


2. off-page SEO.?

Apa itu Off-page SEO.?
SEO off-page adalah proses mengoptimalkan halaman dari luar situs sobat dengan mendapatkan link back ke situs sobat. Semakin banyak link back yang masuk ke situs sobat semakin baik pula situs sobat di mata mesin pencari. Jadi inti dari off page adalah membangun situs dari luar untuk mendapat traffick yang banyak dari pencarian mesin pencari atau dari situs media sosial dan sebagainya.

Untuk memulai SEO Offpage sangat mudah, namun tentu dengan trik-trik yang bagus juga untuk membangun seo offpage ini, strategi ini sudah diyakini oleh beberapa website yang sudah sukses, dan strategi seo ini sangat mempan sekali untuk mendapat backlink yang baik dan juga terkenal dibanyak kalangan.

kata sederhana dari seo offpage adalah mencari backlink yang bukan dari lalu lintas atau dari serp atau dari search engine.

Baca juga; Cara mendapatkan Backlink berkualitas tinggi 

jadi seo offpage dibangun diluar kata mesin, seperti itu kata sederhananya, lantas bagaimana cara mendapatkan backlink dengan optimasi seo offpage?


berikut ini saya uraikan dengan kemampuan saya :

  •  Sosial Bookmark

Tehnik ini sangatlah mudah dan sangat di gemari oleh para blogger untuk melakukan optimasi SEO off-page. Disini kita cukup untuk meninggalkan sebuah link yang mengarah ke situs kita, namun kita tidak cukup hanya meningalkan link begitu saja melainkan kita juga harus berinteraksi kepada sesama pengguna sosial bookmark ini. Dengan begitu visitorpun akan berdatangan sendiri. sobat bisa menggunakan sosial bookmark seprti Digg,Reddit dll.
  • Sosial Media

sobat sudah tahu kan berapa pengguna Facebook,Twitter dan Google Plus. Manfaatkan sosial media itu buat promosikan situs sobat dan jangan lupa isi situs sobat dengan artikel yang menarik agar teman sobat yang masuk dari sosial media tersebut,selalu tertarik dan ketagihan terus untuk membaca artikel sobat. Satu hal lagi perbanyak teman sobat biar banyak mata yang melihat link situs sobat. Semakin banyak semakin pula kesempatan untuk mendatangkan visitor yang melimpah. (baca juga; Cara ampuh Mendatangkan Ribuan Pengunjung Blog Per Hari )
  • Web Directory

Submit artikel sobat ke situs web directory,sebab cara ini termasuk cara yang sangat manjur buat mendatangkan backlink yang berkualitas. Dengan bantuan situs web directory mempermudah google menemukan artikel kita. Apalagi web directory tersebut bersifat dofollow dan page rank tinggi,bukan tidak mungkin lagi situs sobat nongkrong terus di page one search engine.
  • Artikel Directory

artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website kita keberbagai orang atau pengguna dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website kita atau bahasa kerennya guest blogging atau link building, ini adalah strategi seo offpage yang sangat efektif untuk mendapatkan visitor dengan ini blog atau website kita akan dikenal.
  • Situs Forum

Cara ini sangatlah di sarankan banget oleh Google untuk mempromosikan situs/blog yang baru. Karena dengan cara sobat berkomentar tujuanya membantu seseorang yang butuh pencerahan di sinilah kesempatan sobat untuk meletakkan link sobat yang cocok dengan masalah orang tersebut,maka kita tidak perlu lagi melakukan spam komentar di blog,karna hal itu sangat dilarang keras oleh google

Memancing Link

Misalnya sobat telah menyelesaikan sebuah artikel lalu sobat mempubliskannya di situs web sobat, maka yang perlu sobat lakukan adalah menjadikan link artikel sobat tadi sebagai referensi, sobat bisa melakukan link referensi di situs orang, dengan cara menulis seperti di Moz.com, Searchenginejurnal.com dll, Dengan cara itu akan memancing orang untuk melakukan hal yang sama untuk menggunakan situs sobat sebagai referensi seperti yang telah sobat lakukan.

Disatu sisi SEO on-page bekerja di dalam blog/website itu sendiri dan di sisi lain SEO off-page bekerja di  luar daerah blog. On page dan off page sangat berperan penting dalam meningkatkan peringkat blog di mesin pencari, maka setelah sobat melakukan optimasi SEO on page, sobat juga harus melakukan optimasi SEO off page tersebut, agar onpage dan off-page bisa berjalan maksimal.


untuk sobat yang ingin membangun website, strategi bisa dari segala cara namun tetaplah kepada cara yang baik, agar kita aman dari kata spam dan pinalti google ini praktek yang kurang baik untuk membangun website.

Kesimpulan

SEO  (Search  Engine  Optimization) dapat  diartikan  sebagai  sebuah  teknik dan proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah  kunjungan  ke  sebuah website tertentu  dengan  memanfaatkan  mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari (search engine)

  • Tujuan  dari  SEO  adalah  agar website selalu  berada  di  halaman  terdepan dan  teratas  dari  suatu  mesin  pencari  (search  engine)  di  internet.  Halaman terdepan  atau  posisi  teratas  pada  mesin  pencari  memungkinkan  sebuah website akan sering dikunjungi.
  • Website Omdaud.com  sudah  menggunakan  metode  SEO  yang dapat memberikan posisi terbaik di  mesin pencari, dan dapat memberikan traffic sesuai dengan target pengunjung.

  • Strategi  penerapan  SEO  merupakan  metode  yang  paling  efektif  untuk memaksimalkan  kinerja  kata  kunci  (keyword)  pada website  e-commerce sehingga   sebuah website dapat   dengan   mudah ditemukan   pada   hasil pencarian  di  mesin  pencari  internet.  Metode  SEO  yang  dipakai  pada website Omdaud.com  meliputi on page optimization dan off page optimization. Pengunjung website Omdaud.com   dapat   mengakses website tersebut  dengan  cepat  dan  dapat  dengan   mudah  menemukan website tersebut pada hasil pencarian dengan kata kunci tertentu yang berhubungan dengan panduan ngeblog.   Pengunjung juga    dapat    dengan    mudah menggunakan  navigasi  pada  halaman website Omdaud.com  dan mendapatkan  informasi  yang  cukup  berkualitas  pada  halaman website tersebut.

Saran

Saran yang dikemukakan diharapkan dapat meningkatkan hasil yang lebih memuaskan dan  bermanfaat bagi  masyarakat untuk pencarian  suatu website yang diinginkan  dengan  posisi  teratas  di  mesin  pencari  google  dan  bing.  Berikut  ini beberapa saran yang dapat disampaikan:
  • Lebih aktif dalam memperbarui content atau isi sebuah website.
  • Konsep  SEO  yang  dibangun  dalam omdaud.com  dapat diimplementasikan pada tampilan website yang lain.
  • Menggunakan metode SEO baru, yang belum ada pada website lain.


mungkin itulah sedikit penjelasan tentang SEO apabila ada kekurangan atau kekeliruan mohon di revisi pada kolom komentar, dan saya akan senang sekali menerimanya,

semoga membantu sobat semua & bermanfaat ^_^
Previous
Next Post »

16 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
14 Desember 2016 pukul 05.36 ×

Cape" ngetik ga muncul di Google share... Ga mudeng gue

Reply
avatar
Anonim
admin
15 Desember 2016 pukul 04.07 ×

Belajar terus om sampai ngerti ^_^

Reply
avatar
Unknown
admin
15 Desember 2016 pukul 04.35 ×

Belajar dlu gan, supaya ngerti

Reply
avatar
Unknown
admin
15 Desember 2016 pukul 06.28 ×

thanks min, bermanfaat infonya :D

Reply
avatar
Unknown
admin
16 Desember 2016 pukul 06.09 ×

thanks tipsnya, kalau saya sih juga tetap mempertahankan konten yg berkualitas sbg penunjang SEO

Reply
avatar
Masamune
admin
16 Desember 2016 pukul 08.19 ×

Mau coba web direktori, soalnya belum pernah coba. Smoga berhasil. Nice info sob

Reply
avatar
iblogger.id
admin
16 Desember 2016 pukul 22.49 ×

lebiih bagus seo on page atau off page mas?

Reply
avatar
Om daud
admin
18 Desember 2016 pukul 01.28 ×

betul om, karena seo itu sifatnya accesoris aja, yang utama tetep konten konten dan konten, tapi walaupun konten bagus & berkualitas, tetap akan tenggelam kalau tidak di imbangi dengan SEO :)

Reply
avatar
Om daud
admin
18 Desember 2016 pukul 01.29 ×

selamat mencoba om, semoga sukses :)

Reply
avatar
Om daud
admin
18 Desember 2016 pukul 01.30 ×

tidak ada yang lebih bagus om, kedua2nya saling membutuhkan :)

Reply
avatar
Bangtax
admin
24 Desember 2016 pukul 23.52 ×

untuk cara memancing link di off page bukan kah itu cara yang kurang baik di praktikkan dari sebagian blogger, sorry bukan gak setuju gan hehe, tp gw pernah baca artikel yang membahas topik seo yang hampir sama sebelumnya seperti ini

Reply
avatar
Om daud
admin
14 Januari 2017 pukul 22.14 ×

gpa2 sob, inikan menurut pemikiran saya aja :D

Reply
avatar

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...