>

On-page SEO untuk blog baru agar ramai pengunjung



Kita tahu, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic blog adalah dari mesin pencari. Maka dari itu kita harus memahami apa itu SEO dan cara kerja SEO itu seperti apa. Nah, dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara terbaik optimasi seo onpage pada situs Anda.

Sebelum kita melangkah dalam melakukan optimasi seo onpage pada blog, sebaiknya Anda tahu dulu apa itu SEO onpage?

Apa Itu SEO OnPage?

SEO onpage mengacu pada faktor-faktor yang berpengaruh pada halaman situs dalam pencarian organik di search engine. Faktor-faktor ini dikendalikan oleh Anda dengan coding yang terdapat pada halaman blog Anda. Contoh optimasi seo onpage pada blogspot atau wordpress termasuk kode aktual HTML, meta tag, penempatan kata kunci dan kepadatan kata kunci.
  • Optimasi SEO Title Tage

Gunakan title tage sebagai tempat pertama untuk meletakkan kata kunci. Kata kunci yang di letakkan di awal judul akan lebih baik dari kata kunci yang di letakkan di tengah judul awal belakang judul, tapi tidak semua harus meletakkan kata kunci di awal judul.

Anda bisa meletakkan kata kunci di awal judul apa bila kata kunci itu bisa memikat calon pengunjung blog Anda dan apa bila menurut Anda kurang menarik Anda bisa meletakkan kata kunci di tengah atau belakang judul.

Judul postingan adalah faktor SEO on page yang terpenting. keyword yang sobat targetkan sebaiknya muncul di serp dan juga menarik untuk di klik. menurut percobaan yang saya lakukan, jika judul hanya mengandung target keyword, maka ranking akan lebih tinggi di serp. misalnya judul postingan "optimasi seo", maka jika ada orang yang mencari keyword di search google maka judul postingan 'sate sapi' rankingnya akan lebih tinggi daripada yang judulnya 'optimasi seo blogspot 2014'. hal ini sangat dilematis, karena kita tak hanya menulis untuk search engine saja, tetapi juga untuk manusia. maka sebaiknya judul juga harus agak deskriptif dan emosional sehingga pencari di search google ingin meng klik blog sobat dari mesin pencari.

Jumlah karakter dalam judul, sebaiknya kurang dari 66 karakter. Karena jika lebih, dalam serp google, judul postingan akan terpotong oleh karakter titik titik.
  •  Nama Domain 

Perhatikan nama domain.Usahakan nama domain yang anda buat mengandung kata kunci sesuai dengan kata kunci yang anda inginkan tembus page one google.Pengalaman saya sejauh ini keyword on domain masih cukup berpengaruh.Jika nama domain sudah sudah tidak tersedia,buatlah nama domain yang masih berhubungan dengan keyword yang mau anda bidik atau dengan nama brand anda bahkan nama anda sendiri juga tidak masalah yang penting nanti pada settingan title,deskripsi dan keyword mengandung kata kunci yang anda targetkan.


Setelah blog atau web terinstal langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur title,deskripsi dan keyword.Karena langkah yang satu ini adalah salahsatu syarat yang wajib dilakukan oleh pemilik blog jika blognya ingin terindex disearch engine dengan baik dan menjual.Untuk cara setting title,deskripsi dan keyword agar blog menjadi seo friendly insya Allah saya shere pada posting berkutnya.
  • Optimasi SEO Meta Description

Kenapa meta desription harus di optimalkan? karena ketika seseorang mencari informasi melalui mesin pencari, Mata pertama kali akan memandang judul sebagai pilihan artikel mana yang pas untuk di cari dan ke dua meta description yang relevan dengan judul, sama dengan mesin pencari, mesin pencari juga akan mencari sebuah deskripsi yang relevan dengan judul. contoh gampang saja ketika Anda mencari sesuatu di google, lihat judul dan descripsi, perhatikan yang tampil pada halaman utama pasti sangat relevan sekalikan, maka itu yang harus Anda lakukan juga.

Usahakan panjang descripsi 165 karakter, karena google hanya menampilkan 165 karakter saja, maka usahakan meta deskripsi Anda benar benar menarik agar calon pengunjung meleleh ketika membaca meta deskripsi blog Anda dan akhirnya mereka memutuskan untuk mengklik link yang masuk ke blog Anda.
  • Meta Description

 Meta description adalah tulisan yang digunakan untuk menjelaskan tentang apa isi sebuah blog atau website. tulisan ini akan muncul di snippet serp sebagai penjelasan atau deskripsi sebuah blog. banyak master seo yang mengatakan bahwa meta description tidak lagi mempengaruhi ranking, tetapi menurut percobaan SEO Tools meta description masih merupakan faktor SEO on page dan bisa menentukan ranking, meskipun persentasenya hanya sedikit sekali.

Saran saya, tulislah meta description selain untuk search engine dan juga untuk pencari di internet. jika meta description tidak menarik, pencari dari google akan ragu meng klik blog atau postingan sobat di SERP. dan jika meta description tidak relevan dengan snippet search, maka bounce rate blog sobat akan menanjak naik karena tidak sesuai dengan harapan pencari di serp google. bounce rate adalah persentase angka jumlah user yang keluar dari blog atau website.
Maksimum karakter untuk Meta Description adalah 153 karakter, lebih dari itu maka tulisan di snippet search akan terpotong oleh titik-titik (…)
  •  Update artikel

 Usahakan pada setiap artikel yang dipublish selalu membangun internal linking.Tujuan dari membangun internal lingking tersebut adalah untuk mempermudah mesin pencari dalam  mengindeks semua halaman blog atau website anda secara keseluruhan.Harap diingat jangan terlalu berlebihan ketika membuat internal linking disebuah posting atau halaman terutama membuat duplikat anchor text yang mengarah ke URL yang sama lebih dari 2 hyperlink.Pengalaman saya cara tersebut bukannya bagus,malah membuat peringkat halaman rangkingnya jelek di search engine.Usahakan membuatnya seakan terlihat natural dan relevan.

Url atau di sebut juga dengan link ini tidak kalah menarik dengan meta deskripsi. Sering kita jumpai alamat url yang bervariasi ada yang pendek dan ada yang memanjang, banyak perdebatan tentang masalah url ini ada yang mengatakan gunakan link yang panjang sesuai judul blog Anda, karena url akan tampil dan berperan penting sama seperti meta deskripsi dan ada juga yang bilang buatlah alamat url yang singkat dan mudah untuk di ingat oleh orang.
  • Penekanan Keyword

 Usahakan agar target keyword yang penting di postingan diberi penekanan seperti strongbold, atau italic. search engine akan mengira bahwa kata yang ditekan ini adalah sesuatu yang penting di postingan. tapi jangan berlebihan melakukannya. selain tidak nyaman melihatnya, search engine (maksud saya para engineer-nya) juga tidak bodoh.

Menurut percobaan saya yang pertama, lebih baik untuk melakukan penekanan yang bervariasi, pakai bold, lalu italic, dst. tapi percobaan saya yang kedua membuktikan bahwa penekanan seperti ini tidak akan mempengaruhi ranking di serp. saya sendiri juga masih bingung. ya terserah sobat mau percaya yang mana. pakai saja semaunya, siapa tahu kan hehe.
  •  Optimasi SEO External Link

Kalau umur blog sudah mencapai 10 hari,maka saatnya anda untuk mencari backlink dari luar.Tapi jangan banyak banyak,Sehari cukup cari 2 backlink saja dan lakukan secara rutin setiap hari.Agar backlink yang masuk ke blog kita berkualitas,usahakan mencari backlik dari web posting atau forum yang memiliki domain authority lebih dari 50. Cara yang lebih bagus jangan naruh backlink di komentar,tapi buatlah artikel yang berhubungan dengan keyword blog anda sebagus mungkin kemudian anda postingkan di forum atau web  .Jangan lupa didalam posting tersebut bikin hyperlink dengan anchor text keyword yang anda bidik dengan link URL blog anda.Untuk optimasi backlink blog baru,home pagenya dulu yang harus didahulukan.

Memberi External link atau link keluar dari situs kita, sangat membantu artikel kita menempati posisi baik di mesin pencari, apa lagi situs ersebut terbilang situs yang baru. Anda bisa mengambil contoh di situs MOZ, lihat cara mereka memberikan eternal link.

Anda harus tahu bahwa search engine spiders, melompat dari satu situs ke situs yang lain untuk mengumpulkan data yang relevan kemudian diseleksi baru di tentukan artikel mana yang relevan untuk tampilkan di halaman utama mesin pencari. Maka link keluar sangat berperan penting dalam SEO.

Kebanyakan dari kita pelit sekali memberi backlink untuk artikel yang biasa kita baca, padahal artikel tersebut memberi kita pelajaran yang bermanfaat bagi kita, apalagi dampak memberi link keluar untuk artikel kita sangat bagus. Untuk memberi external link, gunakan variasi Anchor text untuk target kata kunci agar lebih optimal.
  • Posisi Keyword di kode HTML Halaman

 Menurut sebagian master SEO, posisi keyword di kode html akan mempengaruhi ranking. misalnya kode html halaman blog sobat isinya dari atas banyak sampah kode script, lalu menu, lalu gambar-gambar, lalu video-video, lalu isi lainnya, baru keyword di bagian ujung bawah. hal seperti ini akan sangat merugikan blog sobat. karena robot mesin pencari hanyalah membaca teks, dan itu dimulai dari kiri atas ke kanan kemudian kebawah. kiri ke ke kanan lagi ke bawah lagi dan seterusnya.
  • Optimasi SEO Pada Gambar

Gambar selain memberi artikel lebih berwarna dan mempermudah pembaca unuk memahami artikel kita, gambar juga memiliki dampak yang positive bagi situs kita, semakin pengunjung lama tinggal di situs kita, maka akan mendapatkan nilai plus bagi situs kita, karena semakin lama pengunjung tinggal di situs kita, akan mengurangi tingkat bouncing out rate. Seperti yang Anda tahu google menentukan artikel yang berkualitas juga melihat dari tingkat bouncing out rate, jika bouncing out rate Anda tinggi, artikel Anda akan di anggap tidak berkualitas oleh google.

alt tag merupakan optimasi seo yang digunakan untuk optimasi gambar, robot txt tidak bisa melihat gambar yang ada dipostingan kita, namun dengan menggunakan atribut alt ini robot txt bisa mendeteksi gambar di blog kita. semua platform website sudah banyak yang mendunkung dengan atribut ini, silahkan optimalkan gambar kalian agar gambar postingan kalain bisa berada dipencarian.
  •  Bahasa Dalam Postingan

 Seperti yang saya jelaskan di atas, +Google  menyukai situs yang sifatnya lokal. jika ada 2 blog yang  faktor SEO nya seimbang, maka google akan lebih memprioritaskan blog atau postingan blog yang memakai bahasa sama persis dengan Google lokal yang dipakai untuk men search. misalnya sobat search di Google.co.id, berarti blog berbahasa indonesia lah yang akan diprioritaskan. dan pergunakanlah tata bahasa yang baik untuk dipahami pembaca, jangan menggunakan bahasa alay karena hal itu sangat menyusahkan google translate.
  • Menulis Artikel Panjang

Panjang, rinci,berguna dan inspirasi artikel yang mengikuti pedoman di atas, secara tidak sengaja akan memberi ekor panjang yang mungkin tidak terfikir oleh Anda saat melakukan riset kata kunci. Google sendiri juga menyukai artikel yang panjang dan relevan dengan mengupas tuntas sebuah masalah yang sedang di cari oleh pengguna internet.

Buatlah artikel yang sedetail mungkin tapi jangan membuat pembaca Anda bosan untuk membaca artikel Anda dan usahakan membuat kata kata yang unik agar pembaca suka dengan artikel Anda.

Perlu di catat semakin artikel panjang dan berguna semakin banyak kata kunci yang terkandung dan semakin banyak pula pengunjung yang datang. Panjang, rinci dan berguna adalah salah satu kunci sukses dari keberhasilan SEO blog Anda.

Selanjutnya sobat bisa baca tentang cara optimasi SEO OFF page pada artikel dibawah ini
Cara Optimasi SEO Off-page, teknik mendapatkan Backlink berkualitas

Kiranya cukup sekian postingan saya tentang Cara Optimasi On Page, jika ada sobat yang ingin menambahi silahkan berkomentar ^_^

Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...