Kita tahu, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic blog adalah dari mesin pencari. Maka dari itu kita harus memahami apa itu SEO dan cara kerja SEO itu seperti apa. Nah, dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara terbaik optimasi seo onpage pada situs Anda.
Sebelum kita melangkah dalam melakukan optimasi seo onpage pada blog, sebaiknya Anda tahu dulu apa itu SEO onpage?
Apa Itu SEO OnPage?
SEO onpage
mengacu pada faktor-faktor yang berpengaruh pada
halaman situs dalam pencarian organik di search engine. Faktor-faktor
ini dikendalikan oleh Anda dengan coding yang terdapat pada halaman blog
Anda. Contoh optimasi seo onpage pada blogspot atau wordpress termasuk
kode aktual HTML,
meta tag,
penempatan kata kunci dan
kepadatan kata kunci.
Gunakan
title tage sebagai tempat pertama untuk
meletakkan kata kunci.
Kata kunci yang di letakkan di awal judul akan lebih baik dari kata
kunci yang di letakkan di tengah judul awal belakang judul, tapi tidak
semua harus meletakkan kata kunci di awal judul.
Anda bisa meletakkan kata kunci di awal judul apa bila kata kunci itu
bisa memikat calon pengunjung blog Anda dan apa bila menurut Anda kurang
menarik Anda bisa meletakkan kata kunci di tengah atau belakang judul.
Judul postingan adalah
faktor SEO on page yang terpenting.
keyword yang sobat targetkan sebaiknya muncul di serp dan juga menarik
untuk di klik. menurut percobaan yang saya lakukan, jika judul hanya
mengandung target keyword, maka ranking akan lebih tinggi di serp.
misalnya judul postingan "
optimasi seo", maka jika ada orang yang
mencari keyword di search google maka judul postingan 'sate sapi'
rankingnya akan lebih tinggi daripada yang judulnya '
optimasi seo blogspot 2014'.
hal ini sangat dilematis, karena kita tak hanya menulis untuk search
engine saja, tetapi juga untuk manusia. maka sebaiknya judul juga harus
agak deskriptif dan emosional sehingga pencari di search google ingin
meng klik blog sobat dari mesin pencari.
Jumlah karakter dalam judul, sebaiknya kurang dari 66 karakter. Karena
jika lebih, dalam serp google, judul postingan akan terpotong oleh
karakter titik titik.
Perhatikan nama domain.Usahakan nama domain yang anda buat mengandung
kata kunci sesuai dengan kata kunci yang anda inginkan tembus page one
google.Pengalaman saya sejauh ini keyword on domain masih cukup
berpengaruh.Jika nama domain sudah sudah tidak tersedia,buatlah nama
domain yang masih berhubungan dengan keyword yang mau anda bidik atau
dengan nama brand anda bahkan nama anda sendiri juga tidak masalah yang
penting nanti pada settingan title,deskripsi dan keyword mengandung kata
kunci yang anda targetkan.
Setelah blog atau web terinstal langkah pertama yang harus anda
lakukan adalah mengatur title,deskripsi dan keyword.Karena langkah yang
satu ini adalah salahsatu syarat yang wajib dilakukan oleh pemilik blog
jika blognya ingin terindex disearch engine dengan baik dan
menjual.Untuk cara setting title,deskripsi dan keyword agar blog menjadi
seo friendly insya Allah saya shere pada posting berkutnya.
Optimasi SEO Meta Description
Kenapa meta desription harus di optimalkan? karena ketika
seseorang mencari informasi melalui mesin pencari, Mata pertama kali
akan memandang judul sebagai pilihan artikel mana yang pas untuk di cari
dan ke dua meta description yang relevan dengan judul, sama dengan
mesin pencari, mesin pencari juga akan mencari sebuah deskripsi yang
relevan dengan judul. contoh gampang saja ketika Anda mencari sesuatu di
google, lihat judul dan descripsi, perhatikan yang tampil pada halaman
utama pasti sangat relevan sekalikan, maka itu yang harus Anda lakukan
juga.
Usahakan
panjang descripsi 165 karakter, karena google hanya menampilkan
165 karakter
saja, maka usahakan meta deskripsi Anda benar benar menarik agar calon
pengunjung meleleh ketika membaca meta deskripsi blog Anda dan akhirnya
mereka memutuskan untuk mengklik link yang masuk ke blog Anda.
Meta description adalah tulisan yang digunakan untuk menjelaskan tentang
apa isi sebuah blog atau website. tulisan ini akan muncul di snippet
serp sebagai penjelasan atau deskripsi sebuah blog. banyak master seo
yang mengatakan bahwa meta description tidak lagi mempengaruhi ranking,
tetapi menurut percobaan
SEO Tools meta description masih merupakan faktor SEO on page dan bisa menentukan ranking, meskipun persentasenya hanya sedikit sekali.
Saran saya, tulislah meta description selain untuk search engine dan
juga untuk pencari di internet. jika meta description tidak menarik,
pencari dari google akan ragu meng klik blog atau postingan sobat di
SERP. dan jika meta description tidak relevan dengan snippet search,
maka bounce rate blog sobat akan menanjak naik karena tidak sesuai
dengan harapan pencari di serp google. bounce rate adalah persentase angka jumlah user yang keluar dari blog atau website.
Maksimum karakter untuk Meta Description adalah 153 karakter, lebih dari
itu maka tulisan di snippet search akan terpotong oleh titik-titik (…)
Usahakan pada setiap artikel yang dipublish selalu membangun internal
linking.Tujuan dari membangun internal lingking tersebut adalah untuk
mempermudah mesin pencari dalam mengindeks semua halaman blog atau
website anda secara keseluruhan.Harap diingat jangan terlalu berlebihan
ketika membuat internal linking disebuah posting atau halaman terutama
membuat duplikat anchor text yang mengarah ke URL yang sama lebih dari 2
hyperlink.Pengalaman saya cara tersebut bukannya bagus,malah membuat
peringkat halaman rangkingnya jelek di search engine.Usahakan membuatnya
seakan terlihat natural dan relevan.
Url atau di sebut juga dengan link ini tidak kalah menarik dengan meta
deskripsi. Sering kita jumpai alamat url yang bervariasi ada yang pendek
dan ada yang memanjang, banyak perdebatan tentang masalah url ini ada
yang mengatakan gunakan link yang panjang sesuai judul blog Anda, karena
url akan tampil dan berperan penting sama seperti meta deskripsi dan
ada juga yang bilang buatlah alamat url yang singkat dan mudah untuk di
ingat oleh orang.
Usahakan agar target keyword yang penting di postingan diberi penekanan seperti
strong,
bold, atau
italic.
search engine akan mengira bahwa kata yang ditekan ini adalah sesuatu
yang penting di postingan. tapi jangan berlebihan melakukannya. selain
tidak nyaman melihatnya, search engine (maksud saya para engineer-nya)
juga tidak bodoh.
Menurut percobaan saya yang pertama, lebih baik untuk melakukan
penekanan yang bervariasi, pakai bold, lalu italic, dst. tapi percobaan
saya yang kedua membuktikan bahwa penekanan seperti ini tidak akan
mempengaruhi ranking di serp. saya sendiri juga masih bingung. ya terserah sobat mau percaya yang mana. pakai saja semaunya, siapa tahu kan hehe.
Optimasi SEO External Link
Kalau umur blog sudah mencapai 10 hari,maka saatnya anda untuk
mencari backlink dari luar.Tapi jangan banyak banyak,Sehari cukup cari 2
backlink saja dan lakukan secara rutin setiap hari.Agar backlink yang
masuk ke blog kita berkualitas,usahakan mencari backlik dari web
posting atau forum yang memiliki domain authority lebih dari 50. Cara
yang lebih bagus jangan naruh backlink di komentar,tapi buatlah artikel
yang berhubungan dengan keyword blog anda sebagus mungkin kemudian anda
postingkan di forum atau web .Jangan lupa didalam posting
tersebut bikin hyperlink dengan anchor text keyword yang anda bidik
dengan link URL blog anda.Untuk optimasi backlink blog baru,home pagenya
dulu yang harus didahulukan.
Memberi External link atau link keluar
dari situs kita, sangat membantu artikel kita menempati posisi baik di
mesin pencari, apa lagi situs ersebut terbilang situs yang baru. Anda
bisa mengambil contoh di situs
MOZ, lihat cara mereka memberikan eternal link.
Anda harus tahu bahwa
search engine spiders,
melompat dari satu situs ke situs yang lain untuk mengumpulkan data
yang relevan kemudian diseleksi baru di tentukan artikel mana yang
relevan untuk tampilkan di halaman utama mesin pencari. Maka link keluar
sangat berperan penting dalam
SEO.
Kebanyakan dari kita pelit sekali memberi backlink untuk artikel yang
biasa kita baca, padahal artikel tersebut memberi kita pelajaran yang
bermanfaat bagi kita, apalagi dampak memberi link keluar untuk artikel
kita sangat bagus. Untuk memberi external link, gunakan variasi Anchor text untuk target kata kunci agar lebih optimal.
Posisi Keyword di kode HTML Halaman
Menurut sebagian master SEO, posisi keyword di kode html akan
mempengaruhi ranking. misalnya kode html halaman blog sobat isinya dari
atas banyak sampah kode script, lalu menu, lalu gambar-gambar, lalu
video-video, lalu isi lainnya, baru keyword di bagian ujung bawah. hal
seperti ini akan sangat merugikan blog sobat. karena robot mesin pencari
hanyalah membaca teks, dan itu dimulai dari kiri atas ke kanan kemudian
kebawah. kiri ke ke kanan lagi ke bawah lagi dan seterusnya.
Gambar selain memberi artikel lebih berwarna dan mempermudah pembaca
unuk memahami artikel kita, gambar juga memiliki dampak yang positive
bagi situs kita, semakin pengunjung lama tinggal di situs kita, maka
akan mendapatkan nilai plus bagi situs kita, karena semakin lama
pengunjung tinggal di situs kita, akan mengurangi tingkat bouncing out
rate. Seperti yang Anda tahu google menentukan artikel yang berkualitas
juga melihat dari tingkat bouncing out rate, jika bouncing out rate Anda
tinggi, artikel Anda akan di anggap tidak berkualitas oleh google.
alt tag merupakan optimasi seo yang digunakan untuk optimasi gambar,
robot txt tidak bisa melihat gambar yang ada dipostingan kita, namun
dengan menggunakan atribut alt ini robot txt bisa mendeteksi gambar di
blog kita. semua platform website sudah banyak yang mendunkung dengan
atribut ini, silahkan optimalkan gambar kalian agar gambar postingan
kalain bisa berada dipencarian.
Seperti yang saya jelaskan di atas,
+Google menyukai
situs yang sifatnya lokal. jika ada 2 blog yang faktor SEO nya
seimbang, maka google akan lebih memprioritaskan blog atau postingan
blog yang memakai bahasa sama persis dengan Google lokal yang dipakai
untuk men search. misalnya sobat search di
Google.co.id, berarti
blog berbahasa indonesia lah yang akan diprioritaskan. dan pergunakanlah
tata bahasa yang baik untuk dipahami pembaca, jangan menggunakan bahasa
alay karena hal itu sangat menyusahkan google translate.
Panjang, rinci,berguna dan inspirasi artikel yang mengikuti pedoman di
atas, secara tidak sengaja akan memberi ekor panjang yang mungkin tidak
terfikir oleh Anda saat melakukan riset kata kunci. Google sendiri juga
menyukai artikel yang panjang dan relevan dengan mengupas tuntas sebuah
masalah yang sedang di cari oleh pengguna internet.
Buatlah artikel yang sedetail mungkin tapi jangan membuat pembaca Anda
bosan untuk membaca artikel Anda dan usahakan membuat kata kata yang
unik agar pembaca suka dengan artikel Anda.
Perlu di catat semakin artikel panjang dan berguna semakin banyak kata
kunci yang terkandung dan semakin banyak pula pengunjung yang datang.
Panjang, rinci dan berguna adalah salah satu kunci sukses dari keberhasilan SEO blog Anda.
Kiranya cukup sekian postingan saya tentang
Cara Optimasi On Page, jika ada sobat yang ingin menambahi silahkan berkomentar ^_^
Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar
~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger
ConversionConversion EmoticonEmoticon