>

4 Cara membuat power point yang menarik dan bagus untuk di Presentasikan


4 Cara membuat power point yang menarik dan bagus untuk di Presentasikan

Power point adalah salah satu media yang memiliki peran penting dalam penyampaian informasi atau pesan kepada pendengar yang disasar.

Tujuannya supaya pendengar bisa menangkap dan memahami info yang sudah disampaikan.Bagi sebagian besar orang, bila hanya mendengarkan presentasi seperti ceramah tentu akan terdengar membosankan. Lain halnya bila dalam penyampaian info tersebut memanfaatkan media yang dapat menarik perhatian para pendengar.

Oleh karena itu, power point yang dibuat sebaiknya tidak sekedar slide berisi tulisan atau info saja. Ada baiknya bila power point dikreasikan sedemikian rupa agar tampil menarik, sehingga para pendengar tertarik dan tidak bosan.

Dalam hal ini pun Sobat dituntut dapat mengerahkan segala kreatifitas dalam menggunakan segenap fitur yang tersedia.

Adapun 4 cara berikut ini juga diberikan untuk membuat power point yang menarik:

1.Bangun Konten Sesuai Konsep

Bila Sobat sudah mempunyai konsep untuk presentasi, maka Sobat harus membangun konsep tersebut menjadi koten yang mendukung. Pastikan benar bahwa presentasi yang dibuat singkat, padat, dan jelas.

Baca juga; Cara Memperbaiki File Word Yang Rusak secara online

Tulisan yang dicantumkan sebaiknya memang bukan kata-kata yang panjang. Hal ini tidak hanya melelahkan Sobat tetapi juga pendengar yang cenderung cepat jenuh.

Tuliskan secara singkat, jelas, dan mudah dimengerti. Kalimat pendek sekali pun nanti bisa dijelaskan melalui presentasi atau animasi gambar yang ditambahkan.Dalam presentasi gambar memang dapat menjadi penunjang yang jauh lebih efektif. Karena itu cari gambar yang sesuai dengan konten presentasi.

2.Desain yang Mudah Diingat

Buat desain power point yang sederhana namun mudah diingat. Sebisa mungkin manfaatkan desain yang menarik agar konsep yang rumit bisa terlihat lebih sederhana. Pastikan benar bahwa semua aspek dapat terlihat menyatu misalnya warna, tulisan, atau isi dari presentasi Sobat.

Bila Sobat tidak mendapat ide desain apa yang menarik, tidak ada salahnya menggunakan desain sederhana yang sudah disediakan oleh sistem.

Cara ini juga berlaku dalam pemilihan transisi halaman dan animasi.Ada baiknya bila Sobat mengikuti aturan 10/20/30, yaitu membuat 10 slide untuk dijelaskan dalam durasi waktu 20 menit dan gunakan huruf dengan ukuran 30 atau lebih besar. Sebagai tambahan, untuk font pada power pont sebaiknya warna yang digunakan serasi dengan background.

Hal ini agar tulisan dapat dibaca jelas dan tidak tenggelam dengan warna latar. Untuk kata-kata yang penting dan membutuhkan penekanan, Sobat dapat menuliskan dengan ukuran font yang lebih besar, ditebalkan, digarisbawahi, atau dimiringkan. Dengan demikian, para pendengar akan memiliki perhatian lebih pada bagian penting tersebut.

3.Penyampaian yang Berisi dan Menarik

Pastikan apa yang Sobat sampaikan kepada pendengar tidak persis sama seperti apa yang terlutis dalam slide. Ingat, presentasi bukan kegiatan membacakan isi slide.

Baca juga; mengenal Perintah pada CMD dan cara menggunakannya

Bila penjelasan Sobat sekedar sama, pendengar pastinya menjadi acuh karena merasa bisa membaca slide sendiri. Dalam cara membuat power point yang menarik tuliskan point-point pentingnya saja, sementara penjelasannya Sobat berikan langsung saat presentasi.

Hal ini agar pendengar merasa perlu mendengarkan Sobat. Gunakan teknik penyampaian beragam dan pastikan menatap langsung mata pendengar.

4.Slide Pembuka yang Menarik

Slide pembuka ibarat etalase yang mesti dibuat agar menarik perhatian pendengar. Slide pertama ini pun menjadi kekuatan presentasi. Jadi buat slide pembuka sekreatif mungkin dengan menambahkan gambar, animasi, video, atau fitur lain yang berkaitan dengan topik.

Untuk warna slide pastikan selaras dan padu. Sehingga akan membuat para pendengar semakin tertarik memperhatikan penjelasan Sobat.

Itulah beberapa cara yang dapat Sobat jadikan panduan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba cara membuat power point yang menarik di atas.
Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...