>

7 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube untuk Pemula Bahkan amatir sekalipun


7 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube untuk Pemula dan amatir

Saya yakin Sobat semua udah sering banget denger yang namanya Youtube. Situs penyedia video itu bisa dibilang udah menjadi kebutuhan sehari-hari lah. Disaat channel TV lokal kurang menghibur dan variatif lagi ngasi kita tontonan, Youtube pun jadi alternatif kita semua.

Jujur, Saya tiap hari tiap saat mantengin Youtube untuk nyari hiburan. Soalnya di rumah Saya kagak pake tv kabel dan memang males aja nonton channel lokal.

Atau ada dari Sobat yang jadi Youtuber?

Nah pas banget nih Sobat dimari! emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool

Pernah nggak sih Sobat berpikir "Ngapain sih tu orang susah-susah pake bikin video di Youtube segala? Emangnya bisa dapet duit?"

Bisa dong Sob!
Jaman sekarang, profesi youtuber (Saya sebut profesi aja ye, soalnya youtube bisa ngasilin duit emoticon-Cool ) lagi jaman banget nih. Entah karena lewat Youtube Sobat bisa dapet duit dari hobi bikin video, atau mungkin lewat Youtube Sobat bisa nunjukin sisi kreatif Sobat yang super duper keren.

Emang gimana caranya bisa dapetin uang dari Youtube?

Nih langsung aja Sob!

1. Google Adsense


Ini mungkin cara yang paling familiar yang pernah kita denger emoticon-Big Grin . Video-video yang kita upload di Youtube bisa kita pasangin iklan dari Google Adsense Sob! Caranya ya Sobat harus daftar Google Adsense dulu lewat channel youtube Sobat. Lalu Sobat upload video dan fokus mencari views sebanyak-banyaknya deh. Karena...

Makin banyak monetised view = makin banyak $$$ uang yang bisa Sobat dapet

Tapi sayangnya, rate CPM iklan Adsense di Indonesia itu kecil banget Sob. Rata-rata cuman $1,36 per seribu iklan tayang di video Sobat. Perbandingannya dengan negara luar seperti Canada ya kalah jauh emoticon-Frown CPM Canada bisa nembus $64,73 per seribu iklan tayang. Buhset!

Makanya kalo Sobat pengin menghasilkan lewat Adsense di Youtube ya Sobat bisa bikin konten yang nargetin views dari luar negeri yaa!

2. Jual Merchandise

Sobat bisa menjual merchandise dari youtube channel Sobat untuk bisa dapetin uang dari Youtube. Entah itu kaos yang desainnya Sobat bikin sendiri, topi, mug, kalung, dan lain-lain. Seorang Pewdiepie pun menjual merchandise sebagai salah satu sumber pendapatan dia di Youtube.

Saran Saya sih, sebelum Sobat menjual merchandise ya Sobat harus kuatin ngebranding channel youtube Sobat dulu. Biar nanti lebih gampang jualin merchandisenya dan laku banyak. Sobat jadi makin banyak deh bisa dapetin uang dari Youtube.

Harga merchandisenya jangan mahal mahal ya Sob. Biar terjangkau di dompet penonton Sobat. Hehe emoticon-Wink

3. Jual Jasa

Sobat punya skill untuk mengedit video dan sering mengupload tutorial tentang video editing di channel youtube Sobat? Kenapa nggak buka jasa video editing service aja sekalian? Sobat bisa lho mendapat uang dengan menawarkan jasa Sobat ke viewers Sobat.

Caranya gimana?

Sobat tinggal kasi tau aja viewers Sobat (mungkin bisa ditaruh di bagian ending video) kalo Sobat menerima jasa ngedit video. Jangan lupa kasi tau gimana cara pesennya, atau kemana viewers Sobat harus menghubungi kalo mereka ingin menggunakan jasa Sobat. Beritau caranya ke viewers Sobat dengan detail ya! emoticon-Cool

4. Jadi Konsultan

Mungkin pekerjaan Sobat sekarang adalah seorang akuntan atau instruktur gym dan ingin memiliki channel youtube yang topiknya sesuai dengan pekerjaan Sobat sekarang. Bikin aja Sob channel youtubenya! Sobat juga bisa membagi ilmu keuangan Sobat (misalkan; Sobat adalah seorang finance konsultan) ke viewers Sobat lewat video.

Jangan lupa beritau mereka kalo Sobat bisa disewa untuk jadi konsultan pribadi mereka.

Baca juga; Cara mendapatkan Uang dari youtube hingga jutaan rupiah dengan 4 langkah jitu
Lalu ketika viewers Sobat merasa terbantu atau bertambah ilmunya, mereka tidak akan sungkan menyewa Sobat sebagai konsultan pribadinya! Hayo manfaatkan channel youtube Sobat untuk menambah isi dompet. emoticon-Big Grin

5. Premium Video

Sobat juga bisa bikin video premium untuk viewers Sobat. Artinya gimana? Viewers Sobat harus membayar sejumlah uang ke Sobat untuk bisa melihat video tersebut. Kalo bikin video premium ya harus bener-bener premium Sob! Harus yang bagus banget, bener-bener berkualitas.

Intinya, supaya viewers Sobat ngerasa worth it aja untuk bayar dan menonton video premium Sobat.

Misalkan Sobat seorang blog trainer. Mungkin Sobat bisa membuat video mengenai bagaimana membangun blog dari awal sampai bisa mendapatkan trafik ratusan bahkan ribuan traffic blog per harinya. Durasinya memang agak panjang, nggak masalah. Yang penting bikin yang bernilai tinggi, detail, jelas, dan bisa menyelesaikan masalah viewers Sobat.

6. Endorsement

Sama seperti Instagram, di Youtube pun Sobat bisa menghasilkan uang dari hasil endorsement. Tapi untuk cara yang satu ini, Sobat harus bener-bener bikin channel youtube Sobat terkenal dan banyak viewersnya.

Kenapa?
Supaya ada company yang melirik dan memutuskan untuk mengendorse Sobat dengan produknya. Top youtuber seperti Chandraliow, LastDay Production pun lumayan sering menerima endorsement dari perusahaan besar. Bayarannya? Gedeeeee Sob! emoticon-Big Grinemoticon-Cool

7. Affiliate Marketing

Cara yang satu ini cocok banget buat Sobat yang belum punya produk atau jasa yang bisa ditawarkan ke viewers Sobat. Sobat tinggal embed link affiliate di video description Sobat, beres deh!

Affiliate marketing biasanya cocok untuk channel youtube yang isinya tentang review produk. Misalkan mereview sebuah handphone, tutorial merakit pc, dan lain-lain.

Jangan lupa untuk ngasi tau ke viewers Sobat kalo mereka bisa membeli produk yang Sobat review dengan cara mengklik link di video description Sobat.


Nah itu dia tuh cara-caranya. Pengin nggak Sob menghasilkan lewat Youtube juga?
selamat mencoba semoga membantu dan bermanfaat  ^_^
Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...