>

rumus vlookup excel (pengenalan dasar untuk pemula)

 Tutorial dasar Ms Excel dan Rumus VLOOKUP

kali ini saya akan berbagi tentang perbedaan atau pengertian Row, Column, Cell dan Range di Excel. Bagi kita yang baru pertama (pemula) menggunakan Excel tentu akan sedikit kebingungan tentang cara menggunakannya,

karena dari sisi tampilan beda jauh dengan aplikasi Microsoft Word, di Excel hanya terlihat seperti kotak-kotak saja 

pengenalan dasar Ms Excel

Nah yang terlihat kotak-kotak itulah yang bisa dibilang dengan Row, Column, Cell dan Range. Berikut penjelasan selengkapnya:
  • 1.    ROW atau dalam istilah Indonesianya adalah baris, di Excel baris ini diberi tanda berupa angka 1 sampai 1.048.576 atau biasa diartikan jumlah baris di Excel adalah 1.048.576 (Excel 2007 ke atas).
  • 2.    COLUMN atau kolom  adalah kolom di Excel yang di tandai dengan abjad A sampai dengan XFD atau jika dijumlahkan ada sekitar 16.384 kolom.
  • 3.    CELL atau Sel adalah pertemuan antara Row dan Column seperti misalnya Sel A1 artinya berada di kolom A dan dibaris ke 1, alamat sel ini akan terlihat dibagian Name Box, Name Box inilah yang menunjukan pada kita dimana posisi sel yang sedang aktif.
  • 4.    RANGE adalah gabungan dari beberapa sel atau bisa juga di artikan gabungan dari beberapa kolom atau beberapa baris misal range A1:A5.
Untuk berpindah antar sel bisa dengan menggunakan tombol-tombol pada keyboard atau bisa juga dengan langsung mengklik pada sel yang di inginkan, berikut tombol yang bisa di gunakan:
  • Berpindah ke bawah menggunakan tombol Arrow down atau bisa juga dengan tombol Enter.
  • Berpindah ke atas menggunakan tombol Arrow Up.
  • Berpindah ke kiri menggunakan tombol Arrow Left.
  • Berpindah ke kanan menggunakan tombol Arrow Right.
  • Untuk edit pada teks yang ada di sel bisa dengan cara melakukan double klik atau bisa juga dengan menekan tombol F2.
  • Membuat sel menjadi Absolut dengan menekan tombol F4, penjelasan mengenai pengertian sel Absolut akan di bahas pada artikel selanjutnya.




Kita juga bisa mengubah nama sebuah sel menjadi nama yang kita inginkan misal sel A1 kita ubah namanya menjadi sel “Contoh“, caranya adalah mengklik pada Name Box kemudian ketikkan teks “Contoh” kemudian Enter. maka sel akan berubah nama menjadi sel “Contoh“.

Penamaan sel ini biasa juga disebut dengan Define Name, untuk melihat daftar define nama atau sel-sel yang telah diubah namanya bisa menuju ke menu/tab Formulas > Name Manager atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl+F3 pada keyboard.

Mengenal VLOOKUP

Rumus ini yang akan saya coba share pada sobat sekalian karena sering digunakan dalam pengecekan data tapi saya akan memberikan contoh dasarnya saja seperti diatas saya sudah memberikan beberapa pengenalan istilah-istilah pada Ms Excel karena untuk rumus VLOOKUPsendiri akan mengcompare dua data yang sama dengan menggunakan rumus VLOOKUP(=VLOOKUP) berikut dibawah akan saya tampilkan beberapa data yang akan coba kita compare : ini adalah data lengkap yang akan jadi acuan pelengkap data kedua

Table kedua menunjukkan data yang sama dengan table pertama yang akan saya
VLOOKUP di kolom harga karena karena kita akan mencari harga dari rumus   
VLOOKUP


Bisa sobat lihat rumus vlookup yang saya masukkan dari cell E16 hingga Range E5:J11 sedangkan 6 merupakan kolom harga yang diberi rumus vlookup berada di kolom ke 6 dan rumus ini akan berubah-ubah disesuaikan dengan penempatan baris, cell, kolom ataupun range sehingga di awal pengenalan artikel ini saya memberikan istila-istilah dan pengertian excel dasar agar dapat membaca rumus pada MS excel

mungkin itulah beberapa pengenalan dasar tentang Ms Excel dan Rumus VLOOKUP semoga bisa membantu dan bermanfaat ^_^

Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...