>

11 usaha modal kecil yang cocok untuk sampingan karyawan




Usaha sampingan untuk karyawan adalah sesuatu yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan. Sayangnya, banyak karyawan yang belum memulai usaha sampingannya karena alasan modal.

Banyak juga karyawan yang beranggapan harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan. Tak heran, beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha. Besar kemungkinan, jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani usahanya. Ujung-ujungnya, bukan penghasilan tambahan yang diperoleh, namun stres dan pusing karena harus membayar cicilan dan bunga pinjaman tersebut.

Berita baiknya, sobat bisa menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil. Berikut

11 ide usaha sampingan dengan modal kecil

1. Jasa Laundry


Sekarang ini banyak orang yang ingin serba praktis, tidak terkecuali dalam urusan mencuci dan menyetrika pakain. Ini adalah peluang bagi sobat yang ingin memulai jasa laundry.

Agar menguntungkan, hal pertama yang perlu sobat pertimbangkan adalah pangsa pasar. Sebaiknya cari tempat yang banyak mahasiswa dan karyawan swasta (atau pegawai negeri sipil). Mengapa? Karena mahasiswa dan karyawan adalah pangsa terbesar jasa ini. Dengan demikian, tidak mengherankan kalau keuntungan yang akan sobat peroleh sebesar 15%-25% (asumsi tarif laundry Rp4.000 s.d Rp6.000 per kilogram).

Untuk urusan modal, sobat cukup punya uang Rp10 juta. Malahan, menurut Ranap.com, sobat bisa memulainya dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung (misalnya timbangan, plastik, dan setrika) dan gaji seorang pegawai (Rp500 ribu s.d Rp1 juta per bulan).

2. Menjual pulsa elektrik


Menjual pulsa merupakan ide bisnis yang menjajikan karena meningkatnya pengguna telepon seluler. Kabarnya, seorang pebisnis pulsa di Jakarta memiliki omset Rp20 triliun setahun. Jika sobat ingin berbisnis pulsa, sobat bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik diaktifkan melalui telepon genggam sobat sehingga relatif tidak merepotkan.

Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, modal yang sobat sediakan tidak banyak, yaitu berkisar dari Rp1 juta s.d Rp3 juta. Calon konsumen sobat bisa saja teman sepekerjaan atau tetangga rumah sobat.

3. Menjual makanan untuk sarapan


Menyediakan makanan untuk sarapan merupakan ide bisnis sampingan yang menjanjikan bagi sobat. Hal ini karena banyak karyawan yang kerepotan menyediakan sendiri sarapannya. Menariknya lagi, sobat bisa memanfaatkan halaman depan rumah sobat untuk menjual makanan tersebut. Selain itu, menu yang sobat tawarkan bisa beragam, antara lain bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan. Jika sobat sudah beristri, menu tersebut mudah dibuat, bukan?

Modal yang perlu sobat miliki untuk memulai usaha ini sekitar Rp4 juta per bulan. 80% uang tersebut untuk membeli bahan baku, misalnya telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran. Sisanya untuk membeli bahan bakar dan transportasi. Dengan modal sebesar itu, sobat berpeluang mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp2 juta per bulan.

4. Membuat blog


sobat sadari atau tidak, ngeblog sedang ngetren dalam lima tahun terakhir. Oleh karena itu, ngeblog bisa sobat jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang tambahan. Contohnya, saat saya menjadi karyawan swasta dulu, saya melakukan hal tersebut.

Pondasi untuk menghasilkan banyak uang dari blog adalah postingan berkualitas. sobat bisa mencobanya dengan menulis postingan sesuai pekerjaan sobat sekarang. Sebagai contoh, jika sobat bekerja sebagai teknisi listrik, sobat bisa membuat blog dengan topik kelistrikan. Strategi ini akan memudahkan sobat dalam pembuatan postingan. Mengapa? Sederhana saja, karena sobat sudah tahu dan mengalami apa yang hendak ditulis.

Berita bagus lainnya adalah modal yang perlu sobat sediakan untuk memulai ngeblog paling banyak Rp1 juta setahun. Asumsinya, sobat membeli domain dan hosting di penyedia hosting lokal, dan membuat postingan sendiri. Bahkan, bisa tanpa modal jika sobat menggunakan platform blog gratisan, misalnya Blogspot.com.
 untuk membuatnya sobat bisa baca selengkapnya dsini cara membuat blog gratis di internet Terbaru & super lengkap (khusus pemula)

5. Membuat toko online


Seperti halya ngeblog, membuat toko online juga sedang ngetren. Salah satu alasannya adalah gaya berbelanja masyarakat sekarang yang mulai bergeser ke gaya berbelanja online.

Di lihat dari sisi barang yang dijual, sobat bisa menjual barang sendiri atau barang orang lain. Barang fisik yang umum dijual para pelaku toko online adalah pakain, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, dan kaos. Sementara itu, barang digital yang populer dijual adalah ebook, software, musik, theme, plugin, dan video tutorial.

Modal yang perlu sobat siapkan untuk membuat toko online tidak besar. Sebagai contoh, modal sobat bisa seperti modal ngeblog di atas jika sobat mampu mendesain sendiri toko online sobat. Jangan khawatir, karena sekarang ini banyak template gratis toko online. Sekalipun harus membeli, banyak juga template yang harganya di bawah Rp300 ribu.

Hal menarik lain adalah sobat tidak harus repot mengirim barang jika sobat menggunakan sistem dropshipping. Para dropshipper-lah yang akan mengirim barang tersebut ke pembeli sobat. 

6. Jasa cuci motor


Di lingkungan sobat banyak pemilik motor? Mengapa tidak sobat coba membuat jasa cuci motor. Jenis usaha sampingan ini relatif mudah dibanding jasa cuci mobil. Dari sisi peralatan pun cukup sederhana, sobat hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, shampoo motor, dan peralatan semir ban motor.

Sementara itu, dari sisi modal, sobat cukup memiliki Rp2 juta untuk memiliki jasa cuci motor sederhana. Modal ini lebih besar (Rp10 juta) jika sobat ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional. Alokasinya adalah Rp2 juta untuk sewa tempat, Rp5 juta untuk membeli peralatan, dan Rp3 juta untuk gaji seorang pegawai dan biaya operasional.

7. Membuat warkop sederhana


Ide bisnis sampingan lain yang bisa sobat coba adalah membuat warung kopi (warkop) sederhana. Usaha ini sangat cocok bila lokasi rumah sobat atau tempat yang sobat sewa terletak di seputar kampus atau kawasan industri.

Secara hitung-hitungan di atas kertas, bisnis warkop sangat menjanjikan karena keuntungan yang diperoleh bisa berlipat-lipat. Sebagai contoh, modal segelas kopi adalah Rp2.000 dan sobat menjualnya seharga Rp4.000. Selain itu, sobat juga bisa menjual makanan dan minuman lain, seperti jus, teh manis, gorengan, dan mie instan rebus/goreng. Menarik bukan?

Bukan hanya itu, warkop sederhana ini bisa sobat perbesar nantinya jika omsetnya terus bertambah. Dengan demikian, mungkin saja sobat mengikuti jejak Yayank S. Sahara yang sukses berbisnis kedai kopi sekelas kedai kopi merek ternama.

Berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha warkop sederhana? sobat bisa memulainya dengan modal Rp10 juta. Uang tersebut sebagian besar dialokasikan untuk membeli sejumlah peralatan (gelas, sendok, kursi, meja, dan lain-lain) dan menyewa tempat jika bukan menggunakan rumah sobat.

8. Jasa les privat


sobat memiliki keterampilan dalam berbahasa atau bermusik? Jika ya, keterampilan tersebut bisa sobat jadikan usaha sampingan dengan mendirikan jasa les privat. Bukan hanya menghasilkan uang, les privat tersebut bisa juga mengasah keterampilan sobat sehingga sobat tidak melupakannya.

Sebagai contoh, sobat yang mahir berbahasa Inggris bisa membuka kursus bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar yang ada di lingkungan tempat tinggal sobat. sobat yang pintar bermain gitar atau piano bisa membuka les privat gitar atau piano di rumah sobat.

Biaya les privat yang harus dibebankan terhadap peserta bergantung pada kondisi ekonomi di tempat sobat. Jika kondisi ekonomi masyarakat kurang, tetapkan harga kursus setengahnya dari harga di kota besar. Jika sebaliknya, tetapkan harga yang sama dengan harga les privat serupa di kota besar. Harga tersebut bisa sobat peroleh dengan mencarinya di internet atau bertanya kepada teman sobat yang berdomisili di kota besar.

Jika sobat ingin membuat les privat yang sederhana namun cukup nyaman bagi peserta, sobat cukup mengeluarkan biaya di bawah Rp1,5 juta dengan asumsi sobat tidak menyewa tempat kursus. Modal ini untuk membeli kursi, meja, papan tulis, spidol, penghapus, dan air mineral.

9. Menjual pakaian murah


Menjual pakaian murah bisa sobat lakukan untuk membuat bisnis sampingan. Selain sebagai kebutuhan primer manusia, pakaian juga tahan lama. Kekurangan bisnis ini adalah biasanya banyak orang yang mengutang sehingga menghambat perputaran modal dan keuntungan sobat.

Berapa modal yang harus sobat miliki untuk memulai usaha menjual pakaian murah? Untuk tahap awal, sobat cukup punya Rp10 juta untuk membeli sejumlah pakaian murah dari sejumlah grosir. Sebagai contoh, Dewagrosir.com menawarkan bermacam-macam pakaian murah, antara lain daster seharga Rp18 ribu, mukena bali Rp57 ribu, busana muslim Rp25 ribu, dan sarung tenun Rp28 ribu.

Untuk membandingkan harga-harga tersebut dan mencari tahu harga pakaian lain seperti baju anak, baju tidur, dan kaos distro,

10. Jasa pengetikan


Seperti halnya jasa penerjemahan, sobat umumnya tidak perlu modal menjalankan jasa pengetikan. Meskipun demikian, jasa pengetikan sebaiknya sobat pilih jika sobat tinggal di lingkungan sekolah atau kampus. Jamak diketahui, banyak siswa dan mahasiwa yang malas mengetik tugas atau skripsinya.

Perihal tarif, sobat bisa menawarkan tarif per halaman atau jumlah kata. Sebagai contoh, Rp2.000 untuk per halaman.

11. Makelar properti


Di lingkungan tinggal sobat ada perumahan atau apartemen baru? Jika ya, sobat bisa menjadi makelar properti tersebut dengan menawarkan ke teman-teman kerja sobat. Tentu saja, sobat harus bekerja sama dulu dengan pihak pemasaran properti tersebut sehingga sobat tahu batas profit atau bonus yang akan sobat dapatkan seandainya sobat bisa menjual sebuah unit atau lebih.

Untuk menjadi makelar properti, sobat tanpa perlu modal dalam bentuk uang. Modal yang sobat perlukan berupa kepercayaan, baik dari pemilik atau calon pembeli properti. Selain itu, sobat mesti memiliki sedikit ilmu pemasaran agar lancar menawarkan properti ke teman-teman kerja sobat atau orang lain.

Modal kecil mestinya bukan menjadi penghambat sobat dalam memiliki usaha sampingan karena banyak usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil. Pilih salah satu dari 11 ide usaha sampingan di atas yang cocok dengan situasi dan kondisi sobat. Setelah itu, buat rancangan bisnisnya sehingga sobat bisa mengelola usaha sampingan tersebut dengan baik,

itulah 11 macam usaha dengan modal kecil yang bisa om daud share Semoga bermanfaat ^_^
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Tanto Fajrin
admin
17 Desember 2016 pukul 23.28 ×

Banyak tuh yg pada jadi konter berjalan sebagai sampingan..

Reply
avatar
Om daud
admin
18 Desember 2016 pukul 01.25 ×

betul om, kan lumayan tuh modal kecil tapi bisa untuk usaha sampingan ^_^

Reply
avatar

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...