>

apa itu SEO ? Ketahui Teknik Tujuan Manfaat dan keuntungan SEO

 

Definisi apa itu SEO 

versi Wikipedia

Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:

melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web sobat agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman sobat tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik"

Teknik Seo

Bermacam-macam cara atau teknik SEO yang dapat dilakukan, dari Teknik Optimisasi OnPage atau Offpage, serta analisa website lawan dan website yang akan di Optimisasikan.

Lebih disarankan bagi Junior SEO untuk mengikuti perkembangan SEO yang pasti dari Blog Google atau dari Web SEO ternama, dikarenakan Google melakukan minor update algorithm sekitar 500 kali setahun dan 3-4 kali untuk major updates.

Mengapa belajar SEO dengan Google yang menjadi patokannya? karena Google mempunyai market pengguna lebih dari 90% dibandingkan Search Engine lainnya seperti Yahoo, Bing, Baidu, Yandex di Indonesia. Google menguasai hampir mayoritas mesin pencarian di seluruh dunia kecuali China.

Dimana dengan mengakusisi banyak website dan OS seperti Android, pastinya mesin pencari Google tetap akan digunakan sebagai Search Engine yang utama.

Tujuan dasar SEO

Tujuan Dasar SEO terkait dengan posisi atau peringkat/ranking yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau halaman web sobat di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP). Mohon diingat bahwa tujuan dasar ini diturunkan dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa Inggris.

Pencapaian ranking terbaik diupayakan dengan jalan membuat isi situs web dan halaman-halaman web yang relevan, unik, dan berkualitas serta dengan meningkatkan popularitas situs dan halaman-halaman web sobat dengan cara mendapatkan rekomendasi berupa tautan (link) yang berkualitas juga dari situs-situs web luar yang relavan, unik namun dalam bidang yang sama (relevan) dengan situs web sobat, berasal dari halaman yang kontekstual, dan berkualitas.

Manfaat SEO

Nah, setelah sobat mengetahui kelebihan-kelebihan SEO dari tabel sebelumnya di artikel ini, 1 tujuan dasar SEO, dan 3 tujuan utama SEO, maka manfaat SEO adalah faktor-faktor positif yang terjadi setelah tercapainya tujuan-tujuan SEO tersebut: yaitu konversi mikro dan akhirnya konversi makro.
Konversi adalah penerimaan, persetujuan, dukungan, atau apapun perubahan positif para pengunjung internet terhadap semua elemen-elemen di situs web sobat, yang pada akhirnya mereka menjadi bagian dari anggota komunitas, partisipan, atau konsumen sobat.

Lainnya sobat dapat melihat website berita atau informasi tips, trik, tutorial bila ditambah dengan SEO maka pengunjung website akan lebih tertarget dan website semakin meningkat aktifitas pengunjungnya. Berikut manfaat lainnya bila SEO digabung dengan website atau blog:
  •     Website menjadi ramai dengan pengunjung tertarget kata kunci
  •     Pelanggan terus berdatangan ke website
  •     Secara tidak langsung meningkatkan pendapatan sobat sebagai publisher
  •     Cache penulusuran di Search Engine menjadi yang paling utama
  •     Bisnis di dalam website menjadi berkembang
  •     Penjualan produk akan semakin meningkat
  •     Adanya timbal balik ke website affiliate produk
  •     dan lainnya
Sebenarnya ada banyak sekali hal yang didapat bila sobat mengembangkan website atau blog ditambah dengan Teknik SEO. Bila sepenggal artikel Pengertian SEO masih terasa kurang, berikut ini link referensi Pengertian SEO.

Keuntungan SEO

Setelah manfaat SEO dirasakan, maka giliran tibalah keuntungan yang didambakan tiba. Sebagaimana di atas, jika situs sobat berkategori komersil seperti toko online, maka keuntungan materil berupa profit atau revenue akan didapat.

Jika situs sobat terkait dengan yayasan dan kegiatan sosial atau pendidikan gratis bagi mereka yang tidak mampu atau jauh dipelosok daerah tanpa sekolah fisik, maka keuntungan moril menjadi pencapaian keuntungan SEO ini.

Jadi keuntungan yang bisa didapat dari SEO adalah keuntungan moril dan/atau keuntungan materil, sesuai objektif utama dari situs web sobat.

Kesimpulan

SEO  (Search  Engine  Optimization) dapat  diartikan  sebagai  sebuah  teknik dan proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah  kunjungan  ke  sebuah website tertentu  dengan  memanfaatkan  mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari (search engine)

  • Tujuan  dari  SEO  adalah  agar website selalu  berada  di  halaman  terdepan dan  teratas  dari  suatu  mesin  pencari  (search  engine)  di  internet.  Halaman terdepan  atau  posisi  teratas  pada  mesin  pencari  memungkinkan  sebuah website akan sering dikunjungi.
  • Website Omdaud.com  sudah  menggunakan  metode  SEO  yang dapat memberikan posisi terbaik di  mesin pencari, dan dapat memberikan traffic sesuai dengan target pengunjung.

  • Strategi  penerapan  SEO  merupakan  metode  yang  paling  efektif  untuk memaksimalkan  kinerja  kata  kunci  (keyword)  pada website  e-commerce sehingga   sebuah website dapat   dengan   mudah ditemukan   pada   hasil pencarian  di  mesin  pencari  internet.  Metode  SEO  yang  dipakai  pada website Omdaud.com  meliputi on page optimization dan off page optimization. Pengunjung website Omdaud.com   dapat   mengakses website tersebut  dengan  cepat  dan  dapat  dengan   mudah  menemukan website tersebut pada hasil pencarian dengan kata kunci tertentu yang berhubungan dengan panduan ngeblog.   Pengunjung juga    dapat    dengan    mudah menggunakan  navigasi  pada  halaman website Omdaud.com  dan mendapatkan  informasi  yang  cukup  berkualitas  pada  halaman website tersebut.

Saran

Saran yang dikemukakan diharapkan dapat meningkatkan hasil yang lebih memuaskan dan  bermanfaat bagi  masyarakat untuk pencarian  suatu website yang diinginkan  dengan  posisi  teratas  di  mesin  pencari  google  dan  bing.  Berikut  ini beberapa saran yang dapat disampaikan:
  • Lebih aktif dalam memperbarui content atau isi sebuah website.
  • Konsep  SEO  yang  dibangun  dalam omdaud.com  dapat diimplementasikan pada tampilan website yang lain.
  • Menggunakan metode SEO baru, yang belum ada pada website lain.


mungkin itulah sedikit penjelasan tentang SEO apabila ada kekurangan atau kekeliruan mohon di revisi pada kolom komentar, dan saya akan senang sekali menerimanya,

semoga membantu sobat semua & bermanfaat ^_^
Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...